Benny Mansyur Janjikan PJU, Hendra Mukri Ketercukupan Air Bersih

  • Bagikan
Foto IST.

RADARLAMPUNG.CO.ID – Lama berangan, akhirnya warga Kupang Jernih, Telukbetung Barat, Bandarlampung segera menikmati fasilitas penerangan jalan yang mencukupi. Di mana, terungkap dalam reses Anggota DPRD Bandarlampung Benny HN Mansyur, Kamis (19/8), sejumlah ruas jalan protokol di kelurahan tersebut tak dilengkapi dengan penerangan jalan umum (PJU).

Ya, dalam reses tersebut, Benny mengatakan, tahun ini Pemkot Bandarlampung melalui bantuan pemerintah pusat telah berencana memasang PJU di kelurahan tersebut. PJU, sebut dia, bakal dipasang memanfaatkan program Indonesia Terang. “Dari anggaran sudah masuk, tinggal pemasangan dalam waktu dekat ini,” sebut politisi Partai Golkar tersebut.


Ditanya mengenai jumlah titik PJU, Benny belum bisa merinci secara pasti. Namun, sebagai gambaran darinya, PJU bakal dipasang di jalan utama sepanjang sekitar 2 Km. “Program ini sudah dirancang sejak lama, bahkan kita sudah kerap melakukan pendampingan untuk pemetaan lokasi pemasangan,” ucapnya.

Baca Juga:   Pemkot Tutup Seluruh Gerai Bakso Son Haji Sony

Menilik realisasi di sejumlah daerah, PJU program Indonesia Terang diwujudkan dengan memanfaatkan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) atau yang populer disebut Solar Cell. Dengan tinggi 6 meter.

Adanya program tersebut, lanjut Benny, diharapkan mampu mendongkrak potensi ekonomi. Sehingga masyarakat lebih produktif dan taraf hidupnya meningkat. “Program ini kami harapkan tak hanya memberi akses penerangan, tapi juga bisa menggerakkan potensi ekonomi masyarakat. Kalau kebutuhan listrik tercukupi, masyarakatnya bisa usaha, kehidupannya pun jadi sejahtera,” pungkasnya.

Reses Anggota DPRD Bandarlampung Hendra Mukri. Foto Ist.

Terpisah, memanfaatkan momentum reses, warga RT 03/LK2, Kelurahan Kotabaru, Tanjungkarang Timur, melaporkan prihal sulitnya suplai air. Fakta ini didapati anggota DPRD Bandarlampung Hendra Mukri saat reses dor to dor di kelurahan tersebut.

Baca Juga:   Turun Level, Geliat Penumpang Bus AKAP Terminal Rajabasa Masih Sepi

Menanggapinya, politisi Partai Demokrat itu berjanji akan mengkoordinasikan masalah tersebut ke organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Yakni ke Dinas Pekerjaan Umum dan juga PDAM Wayrilau.

Sejatinya, kata Hendra, Dinas PU sudah sempat melakukan pengeboran. Namun, air masih sulit didapati. Nah, kali ini, dirinya berjanji akan mendesak Dinas PU untuk kembali memaksimalkan pengeboran air di wilayah tersebut. “Untuk kali ini kita akan berikan atensi khusus kepada Dinas PU,” janjinya.

Bilapun upaya pengeboran tidak maksimal, pihaknya akan berkoordinasi dengan PDAM Wayrilau untuk membantu suplai air bersih.

“Memang kalau melihat lokasinya, di sini adalah wilayah perbukitan. Tapi kita akan semaksimal mungkin mengupayakan ketercukupan air bersih di daerah ini. Sebab air adalah salah satu kebutuhan pokok masyarakat,” pungkasnya. (rls/sur)




  • Bagikan