Berantas Handphone, Rutan Sediakan Wartel


Narapidana sedang berkomunikasi melalui Wartelsuspas. FOTO RUTAN KELAS I BANDARLAMPUNG FOR RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Layanan warung telpon (wartel) tak sepenuhnya mati. Di Rutan Kelas I Bandarlampung, wartel justru menjadi fasilitas yang sangat diburu.

Ya, dalam rangka menunjang program Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bebas peredaran handphone, pungutan liar, dan narkoba, Rutan Kelas I Bandarlampung memberikan fasilitas 10 unit wartel khusus pemasyarakatan (wartelsuspas).





Layanan ini disediakan guna memberantasan peredaran handphone di dalam rutan semenjak pindah gedung baru. Wartel ini disediakan khusus untuk keperluan narapidana dan tahanan untuk berkomunikasi dengan keluarga mereka.

Adanya Wartelsuspas ini disambut gembira oleh WBP. Itu terbukti dari banyaknya WBP mengantre untuk menggunakan Wartel.

Afrizal Fikri salah satu narapidana Kasus narkoba mengatakan, keberadaan wartelsuspas ini dinilai sangat membantu. Sebab dirinya bisa berkomunikasi dengan anak dan istrinya.

“Selain murah saya juga bisa menghubungi keluarga menanyakan kabar anak dan istri di rumah,” katanya.

Rony Kurnia, Karutan Kelas I Bandarlampung menjelaskan, ke depan pihaknya akan menambah lagi layanan wartelsuspas ini. Dengan jumlah yang relatif banyak.

“Kita akan menambah sebanyak mungkin unit telponnya. Kalau perlu menjadi 50 unit. Selain itu bekerjasama dengan vendor Palapa akan dikembangkan telpon dengan sistem vidio call karena saat ini isi Rutan sebanyak 1257 orang. Dan rutan kelas I Berkomitmen bebas peredaran handphone, pungli, dan narkoba,” pungkasnya. (nca/rls/sur)