Berdalih Punya Peliharaan Jin, Suwarno Tipu Tujuh Orang dan Raup Ratusan Juta

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Bermoduskan mempunyai peliharaan jin, Suwarno (42) warga Jalan Rasuna Said, Gang Burung, Kelurahan Pengajaran, Kecamatan Telukbetung Utara, Bandarlampung, melakukan penipuan dengan mengandakan uang terhadap 7 orang korbannya hingga rugi sampai ratusan juta rupiah.

Kapolsek Telukbetung Utara Suharto mengatakan, tersangka ditangkap dikediamannya yang berada di Jalan Diponegoro, Kelurahan Gulak Galik, Kecamatan Telukbetung Utara, Kamis (28/6) lalu. “Kita amankan disaat dia juga sedang ingin menipu korban lainnya lagi,” jelas perwira menengah ini, Rabu (4/7).

Penyelidikan petugas, modus dari tersangka yaitu merayu dan meyakinkan korbannya bahwa ia mempunyai jin dan dapat mengandakan uang. “Dia minta uang, dengan alasan untuk membeli perlengkapan menyan,” jelasnya.

Baca Juga:   Waduh...Empat Pasangan Kumpul Kebo Diamankan Petugas

Lalu, dari melakukan penipuan itu tersangka berhasil meraup keuntungan sebesar Rp120 juta. “Terakhir korban ada dua orang, tetapi total dari penyelidikan kami sudah ada tujuh orang korban,” terangnya.

Sementara itu, Suwarno mengaku ia melakukan penipuan tersebut lantaran pernah sakit hati. Dikarenakan sebelumnya ia juga pernah ditipu dengan modus yang sama. “Ya, sakit hati dulu saya juga pernah ditipu tetapi di Pulau Jawa kasusnya,” kata pria yang bekerja sebagai buruh ini.

Menurutnya, ia menipu korbannya dengan cara meyakinkan agar, para korbannya menyerahkan uang sebesar Rp10 juta. “Dan nantinya uang itu akan saya masukkan ke dalam kotak biskuit yang sudah saya simpan di dalam kardus lalu dibungkus kain putih,” jelasnya.

Baca Juga:   KPK Eksekusi Mantan Bupati Lamteng Mustafa ke Lapas Sukamiskin

Lalu setelah itu, uang yang berjumlah Rp10 juta itu ia ambil Rp9 juta dengan menyisahkan uang hanya Rp1 juta saja. “Yang Rp1 juta saya tabur diatas kardus dan uang Rp1 juta itu yang saya suruh ambil ke korban. Dan saya juga peringatin ke korban untuk jangan membuka bungkusan kain putih itu, apabila dibuka jin saya akan marah,” tandasnya. (rlo/ang)




  • Bagikan