Bergembira Belajar di Museum

  • Bagikan
Perwakilan Siswi SMA/SMK Antusias mengamati benda hasil budaya adat saibatin yang dipamerkan di Ruang Sisi Kanan Lantai 2 Museum Lampung

Radarlampung.co.id – UPTD Museum Lampung Ruwa Jurai kembali mengadakan Belajar di Museum. Kali ini, memiliki konsep berbeda.

Biasanya, belajar di Museum Lampung diikuti dua perwakilan sekolah saja. Namun khusus hari ini (14 Desember 2020), diikuti 15 Perwakilan SMA/SMK se-Kabupaten.

Kepala UPTD Museum Lampung Ruwa Jurai, Budi Supriyanto,S.Sos.M.Hum melalui Kasi Pelayanan UPTD Museum Lampung, Rodi Hayani Samsun mengatakan, kegiatan Ini merupakan hasil kunjungan tim Museum Lampung dalam program Museum Keliling.

Saat ini, Museum Lampung menggunakan konsep Edutainment yakni Bergembira Belajar di Museum. Dalam Metode tersebut, para pengunjung dapat belajar sambil berekreasi.

Beberapa Siswi SMA/SMK tampak antusias melihat bukti bukti terkait dengan masuknya pengaruh Hindu-Budha. Pameran berada di Ruang Sisi Kanan Lantai 1 Musuem Lampung.

“Belajar di Museum, didesain sedemikian rupa sehingga muatan pendidikan dan hiburan dapat dikombinasikan secara harmonis agar pembelajaran terasa menyenangkan,” ungkap Rodi, Senin (14/12).

Baca Juga:   Idul Fitri 1442 H, 186.536 Kendaraan Lintasi JTTS

Dia menjelaskan, Museum Lampung, merupakan museum umum yang memiliki sekitar 4754 koleksi, diantaranya, Geologika,  Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numistika dan Heraldika, Filologika, keramologika, seni rupa dan Teknologika.

“Belajar di Museum ini juga dalam rangka mengedukasi pengunjung tentang Sejarah dan Kebudayaan Lampung,” ucapnya.

Menurutnya, dalam penataan pameran, UPTD Museum Lampung mengelompokkan tata pameran menjadi 4 yakni Sejarah Lingkungan Alam Lampung. Sejarah masuknya pengaruh Hindu-Budha, Islam dan Kolonial. Sejarah koleksi yang dipakai dalam tradisi adat daur hidup dari masyarakat adat Pepadun dan Sejarah benda hasil budaya yang dipakai oleh masyarakat adat Saibatin.

Belajar Museum Lampung juga diisi dengan kegiatan menonton Film Karakter di Bioskop Sanak Lampung

Terpisah, Perwakilan Guru Sejarah SMAN 1 Simpang Pematang Mesuji, Arena Wati,S.Pd mengapresiasi program Museum Lampung yakni Belajar di Museum Lampung. Dengan konsep tersebut, para siswa dapat belajar dan mengenal benda sejarah kebudayaan Lampung.

Baca Juga:   Arus Balik, 200 Ribu Rapid Tes Antigen Disiapkan Gratis

“Pengalaman mereka kepada siswa lain dapat menambah ilmu pengetahuan tentang Permuseuman dan Kebudayaan Lampung,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan Belajar di Museum Lampung Ini juga sebagai salah satu program kegiatan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Se-Kabupaten Mesuji. (gie/yud)





  • Bagikan