Beri Kenyamanan ke Pelanggan, PLN Lakukan Pengecekan Alat Ukur

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Petugas PT PLN (Persero) mulai mendatangi rumah pelanggan di seluruh Indonesia untuk memeriksa kWh meter listrik prabayar. Hal itu untuk  memastikan jika alat ukur/kWh meter berfungsi dengan baik dan dapat mengukur normal.

Asisten Manajer Komunikasi PLN UID Lampung Darma Saputra mengatakan, pada prinsipnya kwh meter prabayar atau token tidak dilakukan pembacaan/pencatatan angka meter secara rutin. Sehingga dari dasar itu, dilaksanakan program pemeriksaan terhadap alat ukur atau kwh meter prabayar oleh PLN.

“Hal itu untuk menjaga dan memastikan keakuratan alat ukur/kwh meter prabayar di rumah pelanggan. Sehingga tercipta transparansi transaksi pemakaian energi listrik dan menciptakan kenyamanan pelanggan terhadap pelayanan PLN. Petugas akan memastikan listrik di rumah pelanggan itu berfungsi dengan baik dan mengukur normal, termasuk pembaruan perangkat lunak (firmware),” ujarnya, Jumat (2/7).

Baca Juga:   Dirut bank bjb Yuddy Renaldi Raih Penghargaan CEO Terbaik BPD di Indonesia

Dikatakannya, ketika petugas memeriksa alat ukur, dan menemukan alat ukur yang memang sudah tidak akurat bahkan mengalami kerusakan, PLN akan melakukan penggantian kwh meter/alat ukur tanpa dikenakan biaya penggantian kwh meter alias gratis.

“Namun ketidakakuratan atau kerusakannya itu disebabkan karena alami, bukan sengaja dirusak atau melanggar ketentuan,” imbuhnya.

Ia juga menuturkan, setiap PLN di daerah memiliki target pelanggan yang akan didatangi, petugas juga akan dibekali dengan tanda pengenal dan surat tugas resmi dari perusahaan.

“Program ini dilakukan secara rutin dan tersebar ke seluruh pelanggan PLN. Di mana, pelanggan yang diprioritaskan adalah pelanggan dengan alat ukur/kwh meter dengan tahun pembuatan 2020 ke bawah,” ungkapnya.

Baca Juga:   BSI Edukasi Layanan Digital Banking

Untuk selanjutnya, ujar Darma, jika pelanggan PLN mengalami kendala/gangguan pada kwh meternya baik itu pelanggan prabayar ataupun paskabayar dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile yang di-download melalui Playstore atau Appstore.

“Selain fitur layanan keluhan di dalam aplikasi PLN Mobile tersebut juga terdapat beragam fitur kemudahan di antaranya Fitur Layanan Pasang Baru/Tambah Daya, Pembelian Token, Pembayaran Rekening Listrik, Pengecekan histori pemakaian, juga Pembacaan meter secara mandiri/swacam,” pungkasnya. (rur/sur)




  • Bagikan