Beronjong Terancam Ambrol, Warga Gunungkemala Timur Panik

  • Bagikan
FOTO TRY/RADAR LAMPUNG.

radarlampung.co.id – Beronjong penahan air sepanjang 250 meter di Pemangku Ulok Bamban, Pekon Gunung Kemala Timur, Kecamtan Waykrui, terancam ambrol. Hal ini disebabkan oleh cuaca ekstrim dan banjir dua hari terakhir.

Keberadaan beronjong dimaksud sejauh ini sangat vital, mengingat posisi beronjong tersebut berjarak 5 meter dari pemukiman warga Pekon Gunungkemala Timur.



Salah seorang warga setempat, Yurhasan menuturkan, dirinya dan warga sekitar sangat khawatir dengan kemungkinan ambrolnya beronjong tersebut. “Jika tidak segera ditanggulangi jelas mengancam pemukiman warga,” ucapnya, Selasa (23/10).

Dipaparkan, beronjong Gunungkemala Timur dibangun pada masa Lampung Barat, beberapa tahun lalu.

“Memang sudah semestinya diganti, dari besi-besinya sudah menua dan berkarat. Kami berharap kepada Pemkab agar memperhatikan kondisi lingkungan kami, bila tidak ditanggulangi kami menyakini hal ini jadi ancaman besar dikemudian hari,” imbuhnya.

Sementara Kabid Pengairan Dinas PU – PR Pesisirbarat Ade Kurniawan mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah mengetahui dan memiliki perencanaan tentang penanggulangan aliran sungai Waykrui.

“Perencanaan kita sudah ada tapi itu baru tahap perencanaan, kita belum bisa memastikan mengingat anggaran kita di 2019 sangat terbatas. Mudah-mudahan saja bisa terealisasi,” ujar Ade kepada radarlampung.co.id. Selasa (23/10). (try/sur)






  • Bagikan