Berprestasi, 666 Siswa Kurang Mampu di Tuba Terima Beasiswa

  • Bagikan
Bupati Tulangbawang Winarti saat memberi bingkisan kepada siswa. Foto Dok. Diskominfo Tulangbawang
Bupati Tulangbawang Winarti saat memberi bingkisan kepada siswa. Foto Dok. Diskominfo Tulangbawang

Radarlampung.co.id – Sebanyak 666 siswa kurang mampu berprestasi di Kabupaten Tulangbawang (Tuba) menerima bantuan beasiswa. Beasiswa bagi siswa sekolah negeri dan swasta ini khusus untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Pada tahun ini, sebanyak 437 orang siswa SD menerima bantuan. Masing-masing siswa mendapatkan beasiswa berupa uang tunai Rp500 ribu. Untuk tingkat SMP, ada 229 orang yang menerima. Masing-masing mendapatkan Rp750 ribu persiswa.


Sejak tahun 2018 hingga sekarang, total 1.370 siswa SD menerima beasiswa. Sementara untuk tingkat SMP sebanyak 701 siswa. Total anggaran Pemkab Tulangbawang yang sudah dikeluarkan dalam program ini sebanyak Rp1,17 miliar lebih.

Bupati Tulangbawang Winarti berharap program ini dapat membantu, sekaligus menjadi penyemangat bagi para siswa-siswi dalam menuntut ilmu. Program ini merupakan bagian dari 25 program bergerak melayani warga (BMW).

Baca Juga:   Pemkab Tuba Mulai Pungut Pajak JTTS, Begini Jawaban Pengelola

“Harapan kita semua, anak-anak bisa semakin semangat untuk belajar dan memberikan prestasi yang terbaik di masing-masing sekolahnya,” kata Winarti, Kamis (28/10).

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan Tulangbawang Das’ad menjelaskan, sasaran dari program ini adalah siswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu, yang diusulkan oleh satuan pendidikan ke Dinas Pendidikan melalui bidang SD/SMP.

Adapun syarat-syarat pengusulan beasiswa miskin berprestasi adalah berita acara pemilihan siswa miskin berprestasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan dewan guru, di SK-kan oleh Kepala Sekolah, fotocopy raport bagi siswa prestasi bidang akademik dan piagam atau sertifikat penghargaan bagi siswa prestasi non akademik.

Baca Juga:   Ditetapkan Gubernur, Pemkab Tuba Segera Sosialisasikan UMK Rp2.443.960,30

Kemudian surat keterangan tidak mampu dari kampung atau kelurahan, data-data administrasi kependudukan serta fotocopy rekening Bank Lampung.

Setelah persyaratan lengkap, akan diisulkan oleh satuan pendidikan untuk mendapatkan bantuan beasiswa kurang mampu berprestasi.

“Setiap sekolah maksimal mengusulkan tiga siswa. Setelah diverikasi kemudian di SK kan oleh Ibu Bupati Tulangbawang sebagai penerima bantuan beasiswa kurang mampu berprestasi,” terangnya.

Tahap terakhir yakni diusulkan untuk pencairan dana bantuan beasiswa. Bantuan langsung ditransfer ke rekening masing-masing penerima. (nal/sur)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan