Bersama Gugus Tugas, Kodim 0410/KBL Terus Gencarkan Patuhi Protokol Kesehatan

  • Bagikan

Radarlampung.co.id – Kodim 0410/KBL bersama Gugus Tugas Covid 19 Pemerintah Kota Bandar Lampung terus melakukan upaya mencegah penyebaran corona virus disease (Covid-19) dan salah satunya dengan terus gencarkan malaksanakan patroli malam.

Sebelum melaksanakan patroli malam, petugas gabungan melakukan Apel sore dan pengecekan personil serta kelengkapan yang di gunakan dalam patroli yang dipimpin oleh Pasi Ops Kodim 0410/KBL Kapten Inf Dja’far dengan jumlah peserta apel sebanyak 75 orang bertempat di Posko Gugus Tugas kantor BPBD Jalan Kapten Piere Tendean No.2 Durian Payung Kecamatan Tanjungkarang Pusat Bandarlampung, Rabu (26/08/2020) Sore.

Kapten Inf Dja’far menyampaian pada apel tersebut, bahwa Tim Gugus tugas melaksanakan Patroli Penegakan disiplin untuk pencegahan Covid-19 di Wilayah kota Bandar Lampung karena masih ada masyarakat yang didapati tidak memakai masker seakan akan masyarakat tersebut tidak takut dengan penyebaran virus corona(Covid-19) melainkan hanya takut dengan petugas, laksanakan tugas dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan, humanis serta memberikan tindakan/teguran bagi masyarakat yg masih tidak mematuhi prokol kesehatan Covid-19″.

“Tetap laksanakan tugas secara persuasif tapi tegas supaya masyarakat menyadari terkait protokol Kesehatan karena memang Pandemi Covid 19 belum berakhir dan dalam pelaksanaan tugas tetap semangat dan kekompakan. kegiatan Patroli Penegakan disiplin protokol kesehatan Covid 19 terpusat di tempat keramaian , hiburan malam serta warung- warung yang ada di seputaran jalan protokol di Wilayah Bandar Lampung”, pesan Pasi Ops Kodim.

Sementara itu, sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19 di Kota Bandar Lampung, Kodim 0410/KBL bersama Gugus Tugas Covid19 kembali melakukan Operasi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di pasar tradisional. Operasi kali ini bertempat di Pasar Tani Jln Cikditiro Kelurahan Sumberejo Sejahtera Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung, Kamis (27/08/2020).

Dalam operasi Penegakan Disiplin protokol kesehatan kali ini yang menjadi target perhatian adalah para pedagang maupun pengunjung pasar Tani dengan kehadiran 10 personil petugas gabungan yang terdiri dari Pol PP, TNI-Polri dan Satpam Pasar.

Pada kegiatan patroli di Pasar Tani Kemiling, Babinsa Kelurahan Sumberejo Sejahtera Koramil 410-05/TKP Kodim 0410/KBL Pelda Rustam Effendi mengatakan “Petugas gabungan melaksanakan operasi penegakan disiplin berupa penegakan wajib penggunaan masker kepada para pengunjung dan pedagang yang sedang melakukan aktifitas di pasar Tani Kemiling”.

Petugas masih mendapati pedagang maupun pengunjung Pasar Tani Kemiling yang belum mematuhi anjuran pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan terutama tentang penggunaan masker.

Pada kesempatan yang sama dirinya mengatakan “Terhadap pelanggar disiplin tersebut petugas tidak segan mengambil tindakan menyuruh warga agar mengambil masker atau membeli masker. Setelah memakai masker barulah pengunjung dan pedagang diperbolehkan memasuki wilayah Pasar Tani Kemiling untuk melakukan aktifitas jual beli.” ungkapnya.

Selain melakukan penegakan disiplin, petugas juga mensosialisasikan dan mengingatkan para pedagang serta pengunjung pasar tentang anjuran pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan lain seperti menjaga jarak, selalu mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin. Semua itu sebagai upaya menghindari dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan melindungi warga Kota Bandar Lampung dari ancaman virus yang menyebabkan banyaknya korban meninggal dunia.

Ruslan (31) pengunjung Pasar Tani Kemiling menyampaikan”Sangat senang sekali dengan keberadaan satgas Covid-19 di Pasar Tani Kemiling ini karena selain memberikan imbauan tentang bahayanya Covid-19 juga memberikan rasa aman bagi pengunjung dan para pedagang,” ungkapnya.

Lalu kebijakan pemerintah penerapan Tatanan Kehidupan Baru untuk melakukan aktivitas kiranya hal tersebut belum sepenuhnya dipahami oleh sebagian masyarakat hal tersebut masih dapat di temui pada sebagian mereka yang akan keluar rumah, tak terkecuali bagi mereka yang ingin berbelanja ke tempat-tempat perbelanjaan seperti Mall masih didapati belum menerapkan protokol kesehatan, oleh karenanya guna mengantisipasi penyebaran virus corona Kodim 0410/KBL bersama Satgas Penanganan covid-19 terus melaksanakan penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan Di Mall Chandra Kelurahan Pesawahan Kecamatan Teluk betung Selatan Kota Bandar Lampung, Kamis (27/8/2020).

Dalam pelaksanaannya Personel Satgas terpadu Covid-19 melakukan Pengecekan kepada setiap orang yang akan berkunjung ke Mall Chandra dengan melakukan protokol kesehatan, pengecekan suhu tubuh dan mengharuskan pengunjung untuk mencuci tangan dan kewajiban menggunakan masker serta tetap menjaga jarak antara orang perorang sebelum masuk ke Mall Chandra, Jika ditemukan orang dengan gejala demam/batuk maka dilaksanakan Protokol penanganan Covid-19 oleh tim gabungan, selanjutnya dibawa ke puskesmas/RS terdekat.

“Kami melaksanakan kegiatan ini semata-mata untuk mengantisipasi penyebaran Covid -19 mengingat masyarakat saat ini sudah banyak yang ke Mall dan kadang lupa menggunakan masker” ujar Danramil 410-02/TBS Mayor Inf Sutoto.

Agung (32) salah seorang pengunjung Mall Chandra mengungkapkan Kami merasa berterima kasih terhadap Satgas Covid-19 yang melaksanakan penegakan disiplin di Mall, jadi kita tidak perlu khawatir, kalau ada pengunjung yang melanggar langsung ditegur, terima kasih bapak-bapak dari satuan tugas,” ujarnya.

Kemudian, dengan masih merebaknya Pandemi virus Corona (Covid-19), Kodim 0410/Kota Bandar Lampung bersama Gugus Tugas lebih gencar lagi melaksanakan patroli penegakkan disiplin protokol kesehatan di Wilayah Kota Bandar Lampung.

Kegiatan patroli gabungan tersebut dilaksanakan setelah dilakukan pengecekan apel pagi yang di pimpin oleh DPP Mayor Inf Anang Nugroho (Danramil 410-06/Kedaton) dengan jumlah peserta apel sebanyak 87 orang di kantor BPBD Jalan Kapten Piere Tendean No.02 Durian Payung Kecamatan Tanjung karang Pusat Kota Bandar Lampung, Kamis (27/08/2020) Pagi.

Mayor Inf Anang Nugroho menyampaikan pada apel pagi tersebut “Pada pelaksanaan Patroli yang akan dilaksanakan masing-masing Tim sudah tahu tugas dan sasarannya sehingga jangan bosan memberikan himbauan kepada masyarakat di Bandar Lampung, terutama tempat keramaian, Pasar pasar, Ruko ruko dan selalu ingatkan agar mematuhi protokol kesehatan pakai masker dan Jaga jarak”,

“Masing masing Tim tetap melaksanakan pendisiplinan menggunakan Masker di tiap tiap Lampu merah sesuai sektornya masing masing dan bagi yang tidak menggunakan masker beri tindakan agar ingat pentingnya menggunakan masker dan Masing masing yang di tuakan di Tim bertanggung jawab untuk mengatur anggotanya agar selalu memperhatikan faktor keamanan dalam setiap perbuatan maupun tindakan di lapangan”, ujar Danramil Kedaton. (rls/ang)




  • Bagikan