Bertahap, Jalan ke Rawajitu Tuba Diperbaiki

  • Bagikan
Sejumlah alat berat dioperasikan petugas di jalan nasional areal PT BNIL dalam pengerjaan perbaikan jalan dari Simpangpenawar-Rawajitu Selatan. Foto Dok M. Zainal Arifin/radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id – Pemerintah melalui Kementerian PUPR kembali menggarap perbaikan jalan nasional menuju Rawajitu, Tulangbawang, Lampung.

Tahun ini, perbaikan akan dilakukan dari Kecamatan Banjarmargo sampai Gunung Tiga, Kecamatan Gedungaji Baru. Pada tahap II ini, pemerintah pusat menganggarkan Rp184 Miliar sejauh 33,4 kilometer.

Sebelumnya pada tahun 2020 lalu, pemerintah pusat juga telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp24 Miliar untuk pembenahan tahap satu di ruas jalan ini.

Bupati Tulangbawang Winarti menjelaskan, sebenarnya rencana pembangunan jalan nasional di Tulangbawang ditargetkan mencapai 64 km sampai Kecamatan Rawajitu Selatan.

Namun, untuk segmen selanjutnya, dimulai dari Tanjakan Gunung Tiga, Kecamatan Gedungaji Baru sampai Rawajitu Selatan rencananya akan dilaksanakan pada Tahun 2022 mendatang.

Baca Juga:   Bandarlampung PPKM Level 4, Metro Level 3, Ini Detilnya

Secara keseluruhan, pembenahan ruas jalan nasional Simpang Penawar-Rawajitu Selatan akan dilakukan bertahap.

Preservasi jalan Simpangpenawar-Gedungaji Baru-Rawajitu merupakan prioritas nasional dalam rangka mendukung konektivitas jalan nasional provinsi Lampung.

Bupati Winarti mengungkapkan, pelaksanaan pembangunan infrastruktur dimaksudkan sebagai sarana untuk meningkatkan kelancaran distribusi barang dan jasa di Tulangbawang.

“Terutama untuk mendukung pengembangan kembali produksi udang di Bumi Dipasena Kecamatan Rawajitu Timur,” kata Winarti, Minggu (20/6).

Selain itu, pembangunan ruas jalan ini juga untuk meningkatkan kinerja sistem logistik nasional di wilayah Sumatera bagian selatan pada khususnya, dan wilayah lintas sumatera pada umumnya.

“Pemerintah pusat terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan penyediaan jaringan jalan yang baik,” tutup Winarti. (nal/wdi)




  • Bagikan