Bertahun-tahun, Jalan Lintas Pekon di Semaka Rusak Parah


Jalan yang menghubungkan Pekon Sudimoro, Kanoman dan Bangunrejo, Kecamatan Semaka, Tanggamus rusak berat. Hingga kini, belum juga diperbaiki. FOTO UJI MASHUDI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Ruas jalan penghubung Pekon Sudimoro, Kanoman dan Bangunrejo, Kecamatan Semaka, Tangamus rusak parah. Kondisi ini bisa membahayakan, terutama saat hujan. Lubang di jalan tersebut tertutup air.

Menurut Junai, salah seorang warga, kerusakan jalan itu sudah berlangsung cukup lama. Namun hingga kini belum juga diperbaiki. “Jalan ini sudah tiga tahun lebih rusak. Tapi sampai sampai sekarang belum diperbaiki,” kata Junai, Sabtu (5/10).





Junai mengungkapkan, jalur tersebut merupakan jalan lintas, yang juga menjadi akses perekonomian masyarakat beberapa pekon. ”Total panjang jalan yang rusak dan berlubang ada sekitar dua kilometer. Diameter lubang jalan ini juga cukup besar. Pengendara yang lewat jalan ini harus hati-hati. Sebab kalau tidak, bisa terperosok ke lubang,” tandasnya.

Kepala Pekon Sudimoro Sukiban membenarkan bahwa jalan penghubung antarpekon mengalami kerusakan. “Iya, memang rusak parah,” ujarnya.

Kerusakan jalan tersebut sudah terjadi sejak empat tahun lalu. Penyebabnya, karena kondisi tanah yang labil, sehingga jika hujan, aspal jalan mengelupas.

Kerusakan jalan penghubung antarpekon itu semakin diperparah akibat banjir beberapa waktu lalu. Aspal jalan semakin mengelupas dan lubang bertambah banyak. ”Jalan ini terakhir dibangun 2014 lalu. Tapi belum lama dibangun, jalan ini sudah rusak. Sebab kondisi tanah di jalan ini memang labil,” kata Sukiban. (uji/ehl/ais)