Besok, Pleno Rekapitulasi KPU Kota, Panwaslu Siapkan Bukti Scan C1

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung telah selesai di tingkat kecamatan. Seluruh kotak suara tersegel sudah masuk gudang kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota. Datangnya kotak suara tersegel ini, kata Ketua KPU Bandarlampung Fauzi Heri, tetap aman hingga pleno yang bakal dilangsungkan di tingkat kota pada Rabu (4/7) esok.

’’Insya Allah aman. Ini juga sudah tersegel dan kami pastikan tidak terjadi masalah saat rekapitulasi penghitungan suara di KPU Bandarlampung. Rencana kami rekapitulasi Rabu, 4 Juli,” ujar Fauzi, Senin (2/7).

Sementara, panitia pengawas pemilu (panwaslu) pun telah memiliki laporan rekapitulasi khusus. Di mana, menurut Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung Fatikhatul Khoiriyah, seluruh panwaslu kabupaten/kota telah menerima rekapitulasi mulai tingkat tempat pemungutan suara (TPS).

Baca Juga:   Ratusan Nakes di Lambar Terkonfirmasi Covid-19

’’Kita kan mengawasi pergeseran kotak suara dari PPK (panitia pemilihan kecamatan (PPK) ke kabupaten/kota. Selain ada aparat juga yang menjaga. Apalagi, C1 juga sudah di-scan dan hasilnya terbuka di website KPU RI. Sehingga masyarakat bisa mengawasi,” sebut Khoir –sapaan akrabnya– Senin (2/7).

Panwaslu juga memiliki data laporan lengkap. Sehingga, data tersebut bisa dipertanggungjawabkan jika ada pergantian data.

”Dengan desain saat ini kemungkinan pergeseran suara akan sangat tipis. Faktor pergeseran suara misalnya di kecamatan bisa berubah itu bisa saja, tapi kan dari awal sudah transparan. Namun potensi tipis, dalam kacamatan normal dengan desain ini diprediksi tidak mungkin ada perubahan dalam hasil perhitungan suara,” tandasnya. (rma/c1/dna/gus)




  • Bagikan