Besok, Puncak Pirek Unila Periode 2019-2023

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Lampung (Unila) periode 2019-2023 tahap akhir direncanakan diselenggarakan Kamis (17/10), setelah sekitar dua minggu tertunda dari jadwal yang diajukan.

Hal tersebut tertera dalam surat dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi nomor R/693/M/KP.03.02/2019 yang menyebutkan bahwa tahap pemilihan rektor Unila tahap akhir diselenggarakan pada 17 Oktober mendatang.


Ketua Senat Unila Prof Heryandi mengatakan, setelah melalui proses yang cukup panjang, dari proses putaran pertama, hingga mendapatkan nama tiga besar, tibalah pada tahap akhir pemilihan yang akan dilaksanakan beberapa hari lagi.

“Kita sudah mendiskusikan Pilrek Unila bersama Sekjen untuk jadwal tahap akhir ini. Dan setelah kami menghadap kemarin, dijadwalkan pada Kamis, 17 Oktober,” katanya dalam konferensi pers panitia kerja pilrek Unila, Selasa (15/10).

Sedangkan, anggota senat Unila yang berjumlah 48 orang dipastikan akan hadir pada tahap akhir Pilrek Unila. Sebab, pihaknya sudah mengimbau kepada seluruh anggota senat untuk hadir dan memberikan hak suaranya pada tahap akhir pemilihan bersama menteri.

“Insha Allah akan hadir semua, karena kita juga sudah memberikan undangan, dan juga mengimbau kepada anggota senat untuk hadir pada tahap akhir,” ucapnya.

Sementara, Ketua Panja Pilrek Unila Prof Wan Abbas Zakaria menuturkan, pada pemilihan tahap akhir nanti, juga akan hadir pejabat yang dikuasa oleh menteri untuk memilih calon rektor Unila, dan suara menteri tetap pada 35 persen, dan 65 persen suara senat.

“Nanti yang akan hadir dari kementerian pejabat yang diberi kuasa menteri atau setingkat eselon II. Berdasarkan peraturan, masih tetap suara menteri 35 persen dan suara senat 65 persen,” ungkapnya.

Secara teknis, lanjutnya, panja pilrek sudah menyiapkan seluruh alat dan perlengkapan yang dibutuhkan saat pemilihan rektor, mulai dari surat suara, sampai alat pencoblosan.

“Semua sudah siap. Intinya kita sudah siap menyelenggarakan tahap akhir ini. Tahap akhir akan dimulai sekitar pukul 09.00 pagi dengan rapat senat tertutup, dan setelah kita mendapatkan satu nama, akan langsung kita umumkan kepada kawan-kawan pada hari itu juga,” katanya. (rur/sur) 




  • Bagikan