Besok, Seleksi UM-PTKIN Resmi Dibuka

  • Bagikan
FOTO RADENINTAN.AC.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ujian Mandiri-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) bakal dibuka secara serentak mulai besok (24/5). Pendaftaran bisa dilakukan melalui https://aplikasi.Radenintan.ac.id/pmb_local.

Rektor UIN RIL Prof Moh. Mukri mengatakan, pembukaan UM-PTKIN menjadi salah satu alternatif pendaftaran bagi calon mahasiswa. Apalagi, UIN RIL yang telah memiliki berbagai prestasi.


Prof Mukri menyebut, posisi UIN RIL sebagai PTKIN nomor 6 se Indonesia membuktikan bahwa UIN RIL kini kian dipercaya. “Jadi untuk PTKIN se Indonesia kita nomor 6, di luar Jawa kita terbesar untuk wilayah Sumatera. Ini sebagai pengakuan masyarakat bahwa UIN RIL dipercaya masyarakat,” jelas Mukri.

Pendaftaran dibuka mulai 24 Mei sampai dengan 12 Juli mendatang. Bagi calon mahasiswa bisa mengawali dengan melakukan pendaftaran secara online di laman https://aplikasi.Radenintan.ac.id/pmb_local sampai membuat pin.

Selanjutnya calon mahasiswa melakukan pembayaran sebesar Rp250.000 sesuai dengan pin yang didapat. PIN adalah virtual account bank syariah Indonesia yang dapat dibayarkan melalui layanan bank apapun, titik selanjutnya calon mahasiswa mengaktifkan kembali Vina sudah terbayar pada laman https://aplikasi.Radenintan.ac.id/pmb_local untuk selanjutnya melengkapi data identitas dan memilih program studi.

Kemudian pada 13 sampai 14 Juli mahasiswa diminta untuk mencetak kartu ujian. Selanjutnya pelaksanaan tes dilakukan 15 sampai 17 Juli secara online dan pengumuman hasil UN Mandiri akan diumumkan pada 22 Juli.

Adapun adapun program studi yang dibuka adalah untuk Fakultas Tarbiyah dan Keguruan adalah program studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Biologi, Sistem Informasi, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Pslam, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam.

Lalu Fakultas Syariah ada Program Studi Hukum Keluarga, Hukum Tata Negara, dan Hukum Ekonomi Syariah. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi yaitu program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Manajemen Dakwah, dan Bimbingan Konseling Islam.

Selanjutnya untuk fakultas Ushuluddin dan Agama Islam pada program studi pertama studi agama-agama, Aqidah dan Filsafat Islam ilmu Alquran dan Tafsir, Pemikiran Politik Islam, Sosiologi Agama, Tasawuf dan Psikoterapi, dan Psikologi Islam. Untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis ada program studi Ekonomi Islam, Perbankan Syariah, Akuntansi Syariah, dan Manajemen Bisnis Syariah. Selanjutnya Fakultas Adab ada program studi Sejarah Peradaban Islam dan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam. (rma/sur)




  • Bagikan