BI Awards 2021, Gubernur Lampung Serahkan Penghargaan ke KPT Maju Sejahtera

  • Bagikan
Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi berfoto bersama di depan Agro Techno Park yang diprakarsai Polinela Lampung. Foto : Yuda Pranata/radarlampung.co.id
Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi berfoto bersama di depan Agro Techno Park yang diprakarsai Polinela Lampung. Foto : Yuda Pranata/radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyerahkan piala dan piagam penghargaan kepada Koperasi Produk Ternak (KPT) Maju Sejahtera pada ajang Bank Indonesia (BI) Awards Tahun 2021.

Penghargaan tersebut, diberikan karena KPT Maju Sejahtera berhasil meraih juara sebagai Klaster Terbaik 1 Subsektor Peternakan/Perikanan Penilaian Kinerja Klaster Pangan dalam rangka mendukung pengendalian inflasi.



Penghargaan itu, diberikan Gubernur Arinal kepada Ketua KPT Maju Sejahtera Suhadi didampingi Kepala KPW Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiharto Setyawan di KPT Maju Sejahtera di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (4/1).

“Saya mengucapkan selamat atas penghargaan yang diterima KPT Maju Sejahtera,” ujar Arinal.

KPT Maju Sejahtera sendiri terpilih sebagai pemenang BI Awards 2021 pada kategori Klaster Ketahanan Pangan Terbaik yang diumumkan pada acara pertemuan tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021 tanggal 24 November 2021 yang lalu.

Arinal mengatakan kinerja pengembangan sektor peternakan yang telah dilakukan dengan baik, termasuk penghargaan yang diterima oleh KPT Maju Sejahtera diharapkan untuk dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

“Ini karena sangat membantu perekonomian Lampung yang menunjukan trend positif meskipun dalam pandemi Covid-19. Ini juga dalam rangka mewujudkan Lampung sebagai lumbung ternak nasional,” katanya.

Arinal sangat antusias karena Provinsi Lampung dipercaya untuk melaksanakan Program Super Prioritas Pengembangan Kawasan Korporasi Peternakan Desa Sapi dari Kementerian Pertanian pada tahun 2020 di lokasi KPT Maju Sejahtera.

“Saya mengingatkan kepada seluruh elemen baik masyarakat, pemerintah, lembaga swasta yang bergerak disektor peternakan dan stakeholder terkait agar dapat menjalin kerjasama dan bersinergi dalam mewujudkan ketahanan pangan dimasa pandemi,” ujarnya.

Arinal mengajak KPT Maju Sejahtera untuk ikut bersama-sama mensuksekan program Kartu Petani Berjaya (KPB).

Melalui program KPB, akan memberikan fasilitasi akses permodalan melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang dapat dimanfaatkan untuk pemberian bantuan berupa pengadaan ternak, sarana dan prasarana mendukung produksi peternakan, serta Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTSK).  “Program-program tersebut bersinergi dengan program KPB,” katanya.

Pada acara itu, juga diserahkan bantuan renovasi dapur produksi, sarana dan prasarana pendukung Agro Techno Park kepada KPT Maju Sejahtera.

Agro Techno Park merupakan konsep pengembangan wilayah yang mengintegrasikan peternakan, pertanian, teknologi pengolahan produk, digitalisasi dan wisata edukasi.

Program ini, diprakarsai Polinela Lampung untuk memperkuat ekonomi wilayah yang bekerjasama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung sejak tahun 2019.

Sementara, Direktur BI Lampung, Budiharto Setyawan mengatakan, KPT Maju Sejahtera, telah dibina oleh BI sejak tahun 2014. Pertama penguatan lembaga, melalui koperasi dan pada saat itu disaksikan oleh menteri koperasi.

“Ada 20 kelompok, dari berbagi desa, BI Lampung membuat pendampingan kelembagaan, bantuan teknis, latihan pemeliharaan sapi, pelatihan lelang sapi melalui online, BI juga secara rutin setiap tahun memberikan apresiasi kepada peternak semoga hal ini bisa menjadi pendorong dan memotivasi untuk kawan-kawan maju sejahtera lebih maju lagi,” Katanya. (yud)






  • Bagikan