BI Lampung Siapkan Rp 3,1 Triliun untuk Penukaran Uang Baru

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Bank Indonesia Perwakilan Lampung menyiapkan Rp 3,1 triliun untuk penukaran uang baru pada Lebaran tahun ini. Jumlah tersebut diproyeksi akan terus bertambah secara bertahap disesuaikan dengan kondisi yang ada dan freukuensi penambahan.

Jumlah yang disiapkan KPw BI Lampung itu naik dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 3,054  triliun.

Kepala Kantor Perwakilan BI Lampung Budiharto Setyawan mengatakan, tahun ini memang ada kenaikan dibanding jumlah yang disediakan tahun sebelumnya. Dengan kondisi tersebut diharapkan kecukupan uang kertas dan logam akan terjaga baik secara nominal ataupun pecahan.

“Untuk kegiatan penukaran tidak dipungut biaya, kami juga menghimbau masyarakat agar melakukan penukaran uang pecahan kecil melalui layanan penukaran uang rupiah oleh BI dan perbankan yang beroperasi di Provinsi Lampung,”jelas Budi saat konfrensi pers, Rabu (23/5).

Baca Juga:   PPKM Level 4 Resmi Berlanjut Hingga 2 Agustus
Jadwal dan lokasi tempat penukaran uang baru

Budi melanjutkan, tahun ini sama dengan tahun sebelumnya untuk mempermudah proses penukaran Bank Indonesia menggandeng Bank Mandiri, Bank Mandiri Syariah, BCA,BRI, BNI dan Bank Lampung. “Masyarakat bisa langsung datang ke seluruh cabang perbankan yang sudah kerjasama dengan BI untuk penukaran uang baru,”tambahnya.

Bank Indonesia bersama perbankan daerah juga terus berkoordinasi untuk perkuat kinerja, sehingga masyarakat tidak kesulitan melakukan penukaran. Selanjutnya dari sisi jangkauan maupun freukuensinya Bank Indonesia akan melakukan layanan penukaran uang pecahan kecil di beberapa titik mulai tanggal 23 Mei – 6 Juni 2018 (jadwal terlampir dalam gambar).

“Khusus pada tanggal 5-6 Juni 2018, KPw BI Lampung dan perbankan rencananya akan membuka layanan penukaran uang bari di Lapangan Saburai,” kata Budi.

Baca Juga:   Oksigen Medis Langka, Stok RSUDAM Hanya Cukup Dua Hari, Sekprov Lampung Kumpulkan Pengusaha

Selanjutnya, untuk pemerataan dan kelancaran dalam proses penukaran bersama di Lapangan Saburai Bank Indonesia menyediakan paket penukaran senilai Rp 6 juta terdiri dari pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp. 5000 dan Rp 2.000.

“Seiring meningkatnya aktivitas ekonomi, Bank Indonesia menghimbau masyarakat untuk terus waspada ketika melakukan transaksi dengan memastikan uang rupiah yang diterima adalah uang asli melalui pengecekan cepat metode 3D,”jelasnya. (hen/ynk)




  • Bagikan