Bicara Jaringan 5G, Begini Jawaban Telkomsel

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Generasi jaringan berbasis 5G memang telah ramai di coba diberbagai negara. Hal ini juga memancing pertanyaan soal jaringan 5G untuk di Indonesia.

Pertanyaan ini tentunya mengarah pada salah satu perusahaan digital yang juga bergerak di bidang komunikasi, Telkomsel. Di usianya yang ke-24 tahun, Telkomsel membagikan bocoran sedikit soal jaringan teranyar komunikasi tersebut.

Executive Vice President West Area Sales Telkomsel Agus Setia Budi mengatakan, Telkomsel sendiri telah siap dengan jaringan teranyar 5G. Namun, dirinya menunggu pasar dan regulasi untuk penggunaan jaringan ini.

“Ya Telkomsel sendiri sudah siap, namun balik lagi aplikasinya nanti seperti apa. Kemudian akan digunakan seperti apa kita tunggu ya. Karena kita harus berbarengan dengan market dan regulasinya dahulu. Apalagi 5G membutuhkan bandwith yang besar,” kata Agus, Sabtu (27/7).

Baca Juga:   Melalui Galeri24, dapat Investasi Emas dengan Mudah

Dia melanjutkan, secara teknologi yang ada dan dimiliki Telkomsel sendiri memang sudah siap. Namun tetap masih menunggu komando dari Pemerintah, untuk merilis spektrumnya.

Ditambahkan Awal R. Chalik selaku Vice President ICT Network Management Sumatera Telkomsel, untuk teknologi 5G sendiri dirinya menyebut hal yang terpenting saat diluncurkan adalah 5G akan digunakan untuk hal apa. Karena jika hanya membuka sosial media atau Youtube teknologi 4G saat ini juga dirasa telah cukup.

“Iya jadi yang penting 5G sendiri yang penting buat apa dulu, kalau buat youtube dan lain-lain sepertinya nggak ada bedanya sama 4G,” kata Awal.

Dia menyebut, teknologi 5G sendiri dituntut untuk perangkat yang memang membutuhkan akses yang cepat. Salah satunya soal penerapan mobil tanpa supir.

Baca Juga:   Aplikasi PLN Mobile, Semakin Nyaman, Seluruh Layanan PLN Hanya Dari Genggaman

“Jadi 5G ini lebih untuk perangkat yang butuh akses cepat seperti mobil tanpa supir. Jadi itu harus cepat merespon kelilingnya dan untuk difungsikan sebagai apa. Seperti juga di pabrik ya, bisa juga untuk memonitor mesin-mesinnya, itulah yang membutuhkan jaringan 5G,” sambung Awal.

Namun Telkomsel tetal memastikan pihaknya siap dengan teknologi teranyar tersebut. Namun 4G yang dimiliki Telkomsel sejauh ini dinilai telah menyukupi kebutuhan masyarakat Indonesia. “Sebenarnya jaringan 4Gudah cukup tapi kalau ide lain tetap akan kita siapkan perkembangannya juga,” tandasnya. (rma/kyd)




  • Bagikan