Big Data untuk Transportasi Modern

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemanfaatan teknologi dalam bidang transportasi semakin dibutuhkan. Karena itu setiap kota perlu merancang pengembangan transportasi modern. Pemanfaatan big data menjadi hal penting dalam pengembangan moda transportasi yang mudah diakses.

Hal tersebut menjadi intisari dari webinar bertajuk Pemanfaatan Big Data Dalam Perencanaan Transportasi yang diselenggarakan Pusat Riset dan Inovasi Big Data Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Webinar yang diikuti lebih dari 350 peserta tersebut menghadirkan narasumber Senior Officer PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Agung Wahyudi serta Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Itera Shahnaz Nabila Fuady.

Shahnaz Nabila Fuady mengatakan, smart transportation menjadi bagian penting dalam pengembangan smart city atau kota cerdas.

Baca Juga:   UTI Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Se-Sumbagsel

Transportasi cerdas adalah sistem transportasi yang menggunakan teknologi. Termasuk penerapan big data untuk menyediakan layanan yang ramah bagi pengguna dan memudahkan manajemen lalu lintas.

“Penggunaan big data dalam transportasi dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, aman, terintegrasi dan efisien. Contoh pemanfaatan big data transportasi seperti dalam sistem e-parking, electronic road pricing, perencanaan mobility hub, automation vehicles, integrasi public transport dan pengembangan micromobility yang kini banyak diterapkan di kota-kota modern,” kata Shahnaz Nabila Fuady, Jumat (9/7).




  • Bagikan