Bisa Dicontoh, Warga di Pekon Ini Gotong Royong Bikin Tanggul

  • Bagikan
Warga bergotong royong membangun tanggul darurat di kecamatan BNS Lampung Barat minggu (24/2). Foto ist

radarlampung.co.id – Sungai waysemangka di Kecamatan Bandarnegeri Suoh Lampung Barat, beberapa hari terakhir kembali meluap. Akibatnya, tanggul di Pekon Trimekarjaya jebol. Kondisi ini menyebabkan luapan air sungai masuk areal persawahan dan perkebunan warga.

Untuk meminimalisasi kerusakan tanaman padi, masyarakat dimotori oleh aparatur pemerintahan pekon dan kecamatan bergotong-royong membuat tanggul darurat.

Camat BNS Drs. Selamat Purwoko mengatakan, terjadi pengikisan pada daerah aliran sungai (DAS). Hingga membuat tanggul penahan jebol dan merendam tanaman padi milik petani.

“Karena itu hari ini langsung melakukan gotong-royong, dengan harapan saat air sungai kembali meluap tidak lagi masuk ke persawahan dan perkebunan warga,” ungkapnya, minggu (24/2).

Sebab, kata dia, jika terus dibiarkan maka dampaknya petani akan gagal panen. Terlebih saat ini tanaman padi masih dalam tahap pertumbuhan.

Dilain pihak, anggota DPRD Lambar Sarwani, S.E., mengharapkan penanganan lanjutan dari pemerintah daerah. Diantaranya dengan melakukan normalisasi dan penbuatan talud kembali. Sehingga kerusakan pada areal persawahan warga akibat erosi sungai bisa diminimalisasi.

“Sekarang ini kerusakannya cukup parah, terjadi pengikisan pada pinggiran sungai yang makin mendekati areal persawahan dan perkebunan warga, karena itu perlunya normalisasi san juga pembangunan talud,” pungkasnya. (nop/wdi)




  • Bagikan