BKKBN Beber Keunggulan Kontrasepsi Implan Satu Batang

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID– Meningkatkan akses pelayanan KB yang berkualitas bagi pasangan usia subur (PUS), BKKBN melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan menyediakan variasi jenis baru alat dan obat kontrasepsi. Yakni kontrasepsi implan 1 (satu) batang.

’’Jadi jika sebelumnya untuk KB tiga tahun, kita perlu 3 (tiga) batang implan. Maka saat ini cukup dengan 1 (satu) batang implan saja,’’ ungkap Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN dr. Eni Gustina, M.P.H., dalam agenda Orientasi Implan1 Batang di Aston City Lampung Hotel, Selasa (26/10).


Untuk mendukung pelaksanaan program tersebut, BKKBN mengadakan orientasi pemasangan implan 1 (satu) batang di delapan provinsi, salah satunya Lampung. ’’Orientasi ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kapasitas tenaga pengelola program dan tenaga medis yang memberikan pelayanan KB tentang kontrasepsi implan 1 (satu) batang,’’ ungkapnya.
Menurutnya, orientasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan cakupan peserta KB terutama metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Sekaligus sebagai sarana untuk menyiapkan tenaga kesehatan yang berkompeten dalam memberikan pelayanan KB khususnya pemasangan implan 1 batang.

Baca Juga:   Sekprov : Jokowi Minta Lampung Harus Banyak Infrastruktur Ramah Lingkungan

Karenanya, agenda orientasi ini diisi dengan pemaparan kebijakan alokon jenis baru tahun 2021, teori dan praktek pemasangan implan 1 batang, serta teori dan praktek pelepasan implan 1 batang.

Diketahui, kegiatan ini diikuti 50 peserta dari empat daerah, yakni Bandar Lampung, Lampung Selatan, Lampung Tengah dan Pringsewu. Lalu 4 orang OPD KB kabupaten/kota, 40 orang dari PC IBI kabupaten/kota, dan 6 peserta perwakilan BKKBN Lampung. (nui/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan