BMKG Ingatkan Petani, Antisipasi Kemarau Sejak Dini

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO ALAM ISLAM/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung mengingatkan petani untuk lebih waspada dalam menghadapi musim kemarau yang akan datang. Ini mengantisipasi minimnya ketersedian air dibanding tahun lalu.

Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan, saat ini masa peralihan musim. Hujan deras masih terjadi dengan durasi minim. Namun ada hal-hal yang harus diwaspadai jika musim kemarau tiba.

“Jika dilihat dari prakiraan BMKG, musim kemarau tahun ini dibandingkan dengan rata-ratanya pada 10 tahunannya masih dalam katagori normal. Tapi dibandingkan tahun lalu, jumlah curah hujan lebih banyak tahun kemarin,” kata Rudy.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mewaspadainya sejak saat ini. Khususnya para petani yang diimbau menanam tanaman dengan air sedikit.

Baca Juga:   Ketua Da'i Kamtibmas Lampung Menjadi Narasumber KKDN Sespimti Polri Dikreg Ke 30

“Pada musim ini ketersediaan air untuk kebutuhan pertanian atau perkebunan pasti akan berkurang. Sehingga untuk mewaspadainya, bisa menanam tanaman yang memang membutuhan air sedikit,” ujarnya.

Rudy juga mengungkapkan, puncak musim kemarau akan terjadi pada Agustus dan Sepertember. Hal lain yang harus diwaspadai adalah kebakaran hutan. (mel/ais)

 




  • Bagikan