BMKG Warning Cuaca Ekstrim, Awas Ombak Tinggi di Perairan Lampung

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO DOKUMEN RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID-Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Lampung memprediksi gelombang tinggi 4 hingga 6 meter bakal menghampiri perairan Lampung. Untuk itu warga diminta selalu waspada terhadap kemungkinan yang ada.

Kepala BMKG Maritim Lampung Andi Cahyadi mengatakan jika hingga kini ditengah munculnya cuaca ekstrim terdapat bibit angin yang bisa menyebabkan gelombang diperairan menjadi lebih tinggi dari biasanya. “Cuaca memang sedang ekstrim kalau kita lihat dari pantauannya, masih terdapat gelombang tinggi itu karena terlihat ada bibit angin di selatan Jawa mendekati ke wilayah kita makanya gelombangnya tinggi,” katanya, Rabu(24/2).


Menurutnya, tinggi gelombang yang mencapai 6 meter dirasa cukup berbahaya terutama untuk kapal-kapal kecil seperti milik nelayan dan lainnya. “Tingginya 4-6 meter di wilayah Samudra Hindia bagian Lampung, ini tentu saja berbahaya untuk kapal-kapan kecil khususnya ini masih berlaku sampai minggu depan masih,  gejala cuaca ekstrim kan ada sampai pertengahan maret ini,” ungkapnya.

Baca Juga:   Awal Oktober, Masuk Puncak Musim Hujan

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan pelayaran untuk selalu berhati-hati. “Selalu siaga terhadap kemungkinan yang berlaku, utamanya bagi warga yang bermukim di bibir pantai, nelayan yang hendak melaut tetapi mereka sendiri tahu biasanya waktu tepat tidak tepatnya untuk melaut,” pungkasnya.(mel/wdi)




  • Bagikan