BNPP Luncurkan Pameran Virtual Komoditas Derah Perbatasan

  • Bagikan
sumber foto rilis humas BNPP

RADARLAMPUNG.CO.ID- Pandemi covid-19 membuat aktivitas masyarakat menjadi terbatas. Masyarakat harus beradaptasi dengan kebiasaan baru seperti bekerja secara virtual atau daring. Karenanya, pemulihan ekonomi sangat tergantung pada upaya terobosan inovatif. Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu menandaskan agar pameran komoditas, produksi dan potensi ekonomi dilakukan secara efektif, efisien, murah. Namun menjangkau pasar dan khalayak yang luas tanpa batas dengan mengandalkan kemajuan teknologi informasi.

Mengikuti arahan presiden, Menteri Dalam Negeri yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tito Karnavian membuka Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) 2021 di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (9/4).  Acara Gerbangdutas ini secara perdana diluncurkan secara daring dan luring.


Dalam pameran virtual ini, BNPP menggandeng MDN News, sebuah startup bidang Virtual Exhibition. Tim MDN News yang dipimpin oleh Vickie Charamita bersama dua anggota yaitu Syahrial M dan Deroly Alfred Tech Support MDN News telah berada di Aruk-Sambas bersama BNPP untuk mensukseskan acara. Kabupaten Sambas dipilih karena berkaitan dengan pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw.

Baca Juga:   Kembangkan Inovasi dan Teknologi Industri Hasil Tembakau

Dalam kegiatan Gerbangdutas 2021, BNPP melaksanakan Program Kegiatan dan Anggaran Kementerian / Lembaga dalam Pengelolaan Perbatasan Negara Tahun 2021, Peresmian atau penyerahan secara simbolis Program dan Kegiatan K / L yang telah selesai tahun sebelumnya, serta Inpres Sosialisasi 1/2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw.

Gerbangdutas 2021 juga dirangkaikan dengan pencanangan Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan (PBWN-KP) 2021 dan Positif Expo Komoditas Unggulan Perbatasan. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan yang juga merupakan Ketua pengarah BNPP, Mahfud MD, serta Tim Pengawas Perbatasan DPR RI juga merencanakan hadir dalam kegiatan Gerbangdutas 2021.

Di acara Gerbangdutas ini, hadir memberi sambutan Mendagri Tito Karnavian selaku Kepala BNPP. Selanjutnya sambutan Menkopolhukam Mahfud MD, diikuti oleh pencanangan kegiatan PBWN-KP 2021 serta peluncuran expo virtual komoditas daerah perbatasan. Seterusnya, penandatanganan prasasti peresmian hasil kegiatan tahun 2020 dan penanaman pohon di PLBN Aruk.

Baca Juga:   Presiden Serahkan DIPA dan TKDD Tahun 2022, Dana Transfer Daerah Rp769 T

Selain Mendagri/Kepala BNPP Tito Karnavian dan Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji dan segenap unsur pimpinan daerah Kalimantan Barat juga hadir di Gerbangdutas 2021 ini. (rls/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan