Bonsai Bernilai Miliaran Ikuti Kontes di KRL

  • Bagikan
Bonsai milik Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad mengikuti kontes tingkat nasional di Kebun Raya Liwa (KRL), Lampung Barat. FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID
Bonsai milik Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad mengikuti kontes tingkat nasional di Kebun Raya Liwa (KRL), Lampung Barat. FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Ratusan bonsai milik kolektor yang berasal dari beberapa daerah di Sumatera dan Jawa dipamerkan, sekaligus mengikuti kontes tingkat nasional di Kebun Raya Liwa (KRL). Ada tiga katagori dalam kegiatan yang dihelat Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Lampung Barat tersebut. Yaitu tingkat madya, regional dan utama.

Salah satu bonsai yang menarik perhatian adalah Beringin elegan milik Hi. Sony, peraih The Best In Show pada Begawi Bonsai Bandarlampung beberapa bulan lalu. Tanaman eksotis ini disebut memiliki nilai Rp250 juta. Bahkan bonsai milik Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad tidak ketinggalan mengikuti ajang bergengsi itu.



Ketua PPBI Cabang Lambar dr. Widyadmoko Kurniawan, Sp.B., mengatakan, hingga batas akhir pendaftaran dan penerimaan pohon Sabtu sore (6/7), jumlah pohon yang mengikuti kontes dan mengisi bursa yang disediakan oleh panitia mencapai ratusan.

“Pohon yang mengikuti kontes ini mencapai ratusan dengan jenis beragam. Kami menyelenggarakan tiga kelas, madya, regional dan utama. Nilai (bonsai) ada yang sampai ratusan juta. Namun juga ada yang hanya belasan juta,” kata Widyadmoko Kurniawan.

Menurut dia, peserta dari luar daerah yang mengikuti kontes di antaranya, Kabupaten Pesisir Barat, Metro, Lampung Tengah, Bandarlampung dan Pringsewu. Selain itu, peserta dari luar provinsi datang dari Bengkulu, Sumatera Selatan dan Jawa Timur. (nop/ais)






  • Bagikan