BP PAUD Dikmas Lampung Gelar Webinar Kelas Orangtua Berbagi

  • Bagikan
WEBINAR KELAS ORANGTUA BERBAGI: Diawali Rabu (2/9) dan akan berlangsung selama delapan episode dengan tema berbeda.

RADARLAMPUNG.CO.ID– Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD Dikmas) Provinsi Lampung akan menggelar serial seminar dalam jaringan (webinar) Kelas Orangtua Berbagi selama delapan episode. Diawali episode pertama besok, Rabu (2/9), dengan Mengelola Perubahan Perilaku Anak Usia Dini pada Masa Belajar dari Rumah.
Berlangsung mulai pukul 14.00 hingga 16.00 WIB, webinar dimoderatori Astutiningsih, S.Pd, M.Pd. (Juara Lomba UKS Nasional/Kepala Sekolah TK Pertiwi Metro) ini menghadirkan empat narasumber. Yaitu Riana Sari Arinal, S.H. (Bunda PAUD Provinsi Lampung), Nenden Theresia, S.Pd., M.Pd,CPC,CT, CPS,CPEC (Certified ESQ 3.0 Coach BNSP), dr. Robiatul Adawiyah, (Orang tua di TK Pertiwi Metro), dan Denila Oktavia, S.Pd. AUD, M.Pd. (Orang tua di Al Faiza Way Khilau Pesawaran).

Dipilihnya serial webinar tersebut, terang Kepala BP PAUD Dikmas Provinsi Lampung Khairullah, M.Si., karena pihaknya menyadari masa pandemi Covid-19 merupakan kesempatan berharga yang dapat dimaknai oleh para orangtua untuk membangun hubungan kedekatan secara emosional serta spiritual dengan sang buah hati.

“Jika sebelum pandemi covid-19 banyak orangtua sulit membagi waktu bersama anak, kini di saat pandemik, kesempatan berharga itu secara alamiah dirasakan keluarga diseluruh dunia. Karena itu, para orangtua harus dapat memanfaatkan masa pandemi ini untuk melakukan bonding dengàn buah hatinya,” ujar Khairullah saat ditemui di kantornya, Senin (31/8).

Baca Juga:   Semangat Berbagi Berkah, PLN UID Lampung Bagikan 600 Paket Daging Kurban dan 172 Paket Tebar Berkah Daging

Dalam masa penerimaan siswa baru seperti sekarang, lanjutnya, diharapkan para pengelola PAUD dapat melakukan aktivitas jemput bola. Tidak sekadar menunggu orangtua murid mendaftarkan anaknya ke satuan PAUD. Jangan menunggu, tapi cari dan daftarkan anak-anak yang memang waktunya belajar di PAUD. ”Kalo tidak, anak tidak dapat layanan PAUD,” tandasnya.
Selain itu, pembelajaran terpetik yang disampaikan nara sumber Orangtua PAUD pada acara ini menurutnya dapat diadopsi dan dijadikan contoh baik. Sehingga, aktivitas belajar dari rumah siswa PAUD memenuhi standar minimal pendidikan.

”Tujuan webinar ini memberikan dukungan bagi orang tua untuk mendukung tumbuh kembang anak, terutama pada masa belajar dari rumah. Kemudian memfasilitasi orang tua untuk mendapatkan wawasan dan inspirasi dari akademisi, prakisi, pegiat, dan orang tua lain tentang praktik baik pengasuhan,” bebernya.

Bagi orang tua yang berminat mengikuti webinar, sarannya, dapat mendaftar di tautan bit.ly/OrangTuaBerbagi1gratis. Dan untuk 70 orang peserta yang aktif dalam kegiatan webinar ini, imbuhnya, akan mendapatkan pengganti pulsa senilai 100 ribu rupiah.

Baca Juga:   Semangat Berbagi Berkah, PLN UID Lampung Bagikan 600 Paket Daging Kurban dan 172 Paket Tebar Berkah Daging

”Kegiatan ini dikhususkan orang tua yang memiliki anak usia dini. Diharapkan dengan sharing pengalaman dari orang tua dengan berbagai macam latar belakang pekerjaan dan pendidkan para orang tua anak usia PAUD semakin siap menjadi pendamping bagi anak-anaknya di rumah. Ditambah lagi masukan dari para ahli di bidangnya,” kata Khairullah seraya menyebut hingga Senin (31/8) jumlah peserta yang mendaftar sudah mencapai 826 orang.

Lebih lanjut, Khairul mengatakan usai webinar episode ini akan dilanjutkan dengan webinar episode berikutnya dengan tema lainnya. ”Direncanakan akan dilakukan sebanyak delapan episode. Tema tema yang dipilih pun sesuai dengan isu kondisi Covid-19. Antara lain Mendampingi Anak Usia Dini di Rumah, Menemani Anak Mendongeng, Membuat Media Belajar Bermain Anak di Rumah, Menumbuhkan Semangat Belajar Anak Selama Belajar dari Rumah, Menumbuhkembangkan Rasa Keingintahuan Anak Selama Belajar dari Rumah, dan tema menarik lainnya,” ujarnya.
Berbagai tema webinar tersebut diharapkan dapat memberikan dukungan bagi orang untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. ”Terutama masa belajar dari rumah,” pungkasnya seraya menegaskan kembali bagi peserta yang tertarik mengikutinya bisa mendaftar melalui tautan http://bit.ly/OrangTuaBerbagiLampung1. (rim/rim)




  • Bagikan