BPBD Lampura, Waspadai Tiga Jenis Bencana Alam Ini

  • Bagikan

radarlampung.co.id –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Lampung Utara (Lampura), telah melakukan berbagai persiapan, personel, peralatan dan buffer stock guna menghadapi potensi bencana alam yang terjadi sewaktu-waktu. Khususnya memasuki musim penghujan Tahun 2021.

“Ya, kami sudah siapkan personel dan peralatan yang sewaktu-waktu dapat digunakan untuk menanggulangi bencana. Mulai dari personil bersiaga 24 jam, yakni Tim Reaksi Cepat (TRC), peralatan maupun logistik dibutuhkan,” kata Kepala BPBD Kabupaten Lampura, Nozi Efialis, Jumat, (24/9).


Menurutnya, saat ini Lampura memasuki peralihan musim atau pancaroba. Dari informasi BMKG, dan yang telah terjadi yakni angin kencang dan hujan. Hingga merusak beberapa rumah warga di beberapa kecamatan.

Baca Juga:   Sah, Jupi Gantikan Abadi di DPRD Lampura

“Kami berharap, masyarakat bisa memitigasi bencana di daerahnya masing-masing. Selain itu, masyarakat diimbau untuk waspada serta membersihkan saluran air. Seperti got dan sungai-sungai secara bergotong-royong, agar tidak terjadi banjir,” kata Nozi.

Dia menjelaskan, dalam mengantisipasi bencana, pihaknya mensiagakan jajaran setiap saat. Hal ini guna memberikan bantuan pertama dalam masalah bencana alam. Dan disana ada berbagai jenis, sesuai karakter wilayahnya.

Seperti di Kecamatan Tanjung Raja, Abung Tinggi dan Bukit Kemuning dikenal rawan tanah longsor; banjir di Kecamatan Kotabumi, Kotabumi Selatan, Abung Timur, Muara Sungkai dan lainnya.

“Kalau angin kencang dan hujan deras, itu hampir merata diseluruh kecamatan di Lampura,” tambahnya.

Nozi berharap, kepada masyarakat untuk tetap waspada dan siaga bila ada bencana disekitarnya. Serta tidak mudah percaya akan informasi berkembang terkait hal ini, yang sifatnya membuat bingung sebelum dikonfirmasi oleh pihak terkait.

Baca Juga:   Anggota Komplotan Ditangkapi, Bandit Curanmor Serahkan Diri ke Kantor Polisi

“Kalau mengetahui ada bencana, warga segera lapor kepada aparat atau personil BPBD Lampura. Tim kita siaga 24 jam penuh,” pungkasnya. (Ozy/yud)




  • Bagikan