BPBD Lamsel Klaim Gempa Magnitudo 3,7 di Lamsel Aman

  • Bagikan

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Gempa bumi bermagnitudo 3,7 yang mengguncang Provinsi Lampung, khususnya di Lampung Selatan (Lamsel), pada Sabtu (20/3) pukul 00.01WIB, dipastikan aman.


Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Pemkab Lamsel, Darmawan memastikan tidak ada korban jiwa ataupun kerusakan dari gempa yang terjadi Sabtu (20/3) dini hari.

“Nggak ada korban jiwa ataupun kerusakan rumah dan bangunan, semuanya aman dan terkondisi dengan baik,” ungkap Darmawan, Sabtu (20/3).

Dia melanjutkan, Gempa yang terjadi Sabtu dini hari, pihaknya langsung memonitor seluruh kondisi yang ada di kabupaten Lamsel, termasuk aktifitas Gunung Anak Krakatau (GAK).

“Saat terjadi gempa itu, saya langsung mengecek kondisi warga Lamsel, saya hubungi seluruh kecamatan, ternyata nggak ada kerusakan, lalu saya pantau GAK, kondisinya masih normal,” ujarnya.

Baca Juga:   Tidak Ada Kerusakan Akibat Gempa

Terpisah, Dilansir dari website Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), titik pusat gempa berada dikoordinat 5,64 derajat Lintang Selatan dan 105,35 Bujur Timur dengan kedalaman 2 kilometer.

Titik pusat gempa tersebut berada di kedalaman laut tepatnya 27 km barat laut Lampung Selatan.

Menurut BMKG, gempa dirasakan III MMI di Bandarlampung dan Lampung Selatan. Warga juga diimbau agar berhati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi.

Wilayah Lampung Selatan dan sekitarnya diguncang gempabumi Tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3.7. Episenter terletak pada koordinat 5.64 LS dan 105.35 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 27 km BaratLaut Lampung Selatan pada kedalaman 2 kilometer.

Baca Juga:   Bakso Son Haji Sony Siap Kooperatif Penuhi Permintaan Pemkot

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi Dangkal akibat aktivitas Sesar lokal wilayah setempat.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Bandarlampung dan Lampung Selatan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Hingga pukul 00:29 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. (yud)




  • Bagikan