BPBD Petakan Tanah Longsor

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung memetakan sejumlah wilayah di Lampung berpotensi tanah longsor dan juga banjir berdasarkan indeks resiko bencana.

Sekretaris BPBD Lampung, Indra Utama mengatakan, ada beberapa wilayah di Lampung yang sudah kita petakan yang berpotensi seperti banjir dan longsor.


“Ya Seperti Tanggamus yang masuk dalam Indeks resiko Bencananya rawan longsor, sedangkan untuk banjir seperti daerah yang mempunyai Rawa – Rawa seperti Rawapitu Kabupaten Tulang Bawang dan Rawa jitu Kabupaten Mesuji,” Katanya, Rabu (8/9)

Selain itu, wilayah pegunungan seperti Lampung Barat dan Pesisir Barat yang juga masuk sering terjadi longsor.

Untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana, pihaknya bersama BPBD kabupaten/kota juga selalu berkoordinasi untuk terus siaga jika sewaktu-waktu ada laporan dari masyarakat untuk terus melakukan kesiapan, baik personel maupun logistik nya sendiri.

Baca Juga:   Waspada, Gelombang Tinggi di Perairan Lampung

“Kami mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem Kami juga secara intens menyebarkan informasi kepada masyarakat terkait dengan peringatan dini cuaca yang berasal dari BMKG,” Jelasnya.

Sebelumnya, Kasi Data dan Informasi BMKG Provinsi Lampung Rudy Haryanto mengatakan hujan disertai angin kencang juga masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Provinsi Lampung.

“Memang sebenarnya saat ini belum
memasuki musim penghujan sebab saat ini masih masuk katagori musim kemarau namun dari beberapa atmosfera yang kita pantau memang ada gangguan-gangguan seperti sirkulasi silkonic yang terpantau diperairan barat Sumatera yang bisa membentuk daerah konvergensi seperti di perairan barat Lampung,” bebernya.

Dari berbagai indikator, seperti
kelembapan udara dan suhu air laut, hujan akan terjadi di sebagian besar wilayah Lampung selama tiga hari ke depan.

Baca Juga:   Belum Temukan Hewan Laut yang mati Terdampak Pencemaran

Daerah tersebut adalah Mesuji, Tulangbawang,Tulangbawang barat, Waykanan dan Lampung Utara.

“Imbauan kami kepada masyarakat supaya berhati-hati dan waspada terhadap bencana yang mungkin bisa timbul di musim penghujan Seperti banjir, banjir bandang dan puting beliung,” tandasnya. (muk/yud)




  • Bagikan