BPBD Tubaba Siapkan Programkan Destana

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, memprogramkan Desa Tangguh Bencana (Destana) pada tahun 2021. Hal itu disampaikan Kepala BPBD Tubaba, Nisom S.H., Senin (15/2).

“Sebagai upaya meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi Bencana, kita telah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi dan BNPB Pusat, untuk menjalankan Program Destana di Tubaba, yang direncanakan akan dimulai sebelum pertengahan 2021 dengan kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan.”terangnya.


Program desa tangguh bencana merupakan salah satu program nasional, yang bertujuan memberdayakan masyarakat Desa ataupun Kelurahan dalam mengenali, mengurangi, dan mengendalikan risiko bencana yang terjadi.

“Dalam program itu hanya dua Tiyuh (Desa) yang diambil, dan keduanya merupakan Tiyuh yang masuk dalam penilaian kategori rawan bencana setiap Tahunnya, khususnya di Tubaba adalah Banjir dan Angin Puting Beliung. Adapun Tiyuh di Kabupaten Tubaba yang masuk dalam program tersebut adalah Tiyuh Pagar Dewa dan Penumangan.”ungkapnya.

Baca Juga:   Mulai Diajarkan, Silabus Mulok Pendidikan Karakter Tubaba Akan Dilaunching

Dalam program tersebut, masyarakat dan Pemerintah Tiyuh didorong untuk terlibat aktif dalam mengkaji, menganalisis, menangani, memantau, mengevaluasi hingga mengurangi risiko-risiko bencana yang ada di wilayah mereka masing-masing, terutama dengan memanfaatkan sumber daya lokal.

“Diharapkan dengan adanya program ini, tiyuh sasaran akan memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi kemungkinan atau ancaman bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.” Imbuhnya. (fei/rnn/wdi).




  • Bagikan