BPN Mesuji Siapkan 3.500 Kuota PTSL

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Mesuji telah menyiapkan 3.500 kuota Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di 7 Kecamatan Se Mesuji.

Kepala Seksi Penetapan Hak Pendaftaran BPN Mesuji, Anegra Mardenitami mengatakan, tujuan dari program PTSL tahun 2022 ini, agar masyarakat Mesuji segera bersertifikat tanah yang belum memiliki sertifikat.

“Alur Pendaftaran sertifikat ini dilakukan setiap masyarakat yang ingin merubah status surat tanah yang belum bersertifikat menjadi sertifikat Hak Milik, biasanya di desa membentuk Pokmas (Kelompok masyarakat) atau panitia desa yang mengurus administrasi surat menyurat bagi masyarakat yang ingin mengajukan tanahnya bersertifikat,” Ungkap Anegra.

Baca Juga:   Dua Korban Dugaan Intimidasi Lapor Polisi, BPN Bandarlampung Minta Maaf

Setelah itu, lanjut Anegra, Pokmas menyediakan berkas untuk diajukan ke BPN setempat.

“Kami menghimbau untuk biaya pendaftaran pembuatan sertifikat PTSL BPN Rp200 ribu per sertifikat, sesuai dengan SKB 3 Menteri, Lampung masuk Kategori empat dengan biaya Rp200 ribu” Ujarnya.

Menurutnya, biaya Rp200 ribu itu, untuk biaya tiga patok yakni, satu materai dan persiapan pemberkasan pengajuan pendaftaran sertifikat PTSL, selanjutnya pihak Pokmas menyediakan berkas pengajuan pendaftaran untuk di ajukan ke BPN.

Baca Juga:   Dua Jurnalis di Bandarlampung Diduga di Intimidasi Saat Bertugas

“Program PTSL ini untuk warga masyarakat Mesuji yang memiliki tanah belum bersertifikat bisa mengikuti program PTSL di tahun 2022”, Pungkasnya (Muk/yud)






  • Bagikan