Breakwater Rusak, Ancam Rumah dan Makam di Dusun Kapuran

  • Bagikan
Breakwater di Pantai Kapuran, Kelurahan Pasar Madang, Kecamatan Kotaagung yang rusak dihantam ombak. FOTO RNN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kondisi tanggul pemecah ombak (breakwater) di Dusun Kapuran, Kelurahan Pasar Madang, Kecamatan Kotaagung, Tanggamus kian memprihatinkan. Rusak parah akibat hantaman gelombang.

Menurut Andi, warga setempat, selain abrasi, kerusakan breakwater menyebabkan rumah warga dan makam di Dusun Kapuran terseret ombak.

“Tanggul pemecah ombak ini dibuat sekitar enam tahun lalu. Sekarang rusak. Sudah banyak rumah dan makam di sini yang terseret ombak,” kata Andi.

Breakwater tersebut terbuat dari susunan bebatuan dan diikat kawat besi yang terpasang di sekitar pinggir pantai Kapuran. Sebagian besar sudah ambruk berserakan.

“Yang saya takutkan kalau angin dari arah Tenggara datang. Ombak laut itu besar. Kalau tidak ada breakwater, pasti dampaknya ke pemukiman warga dan makam di Dusun Kapuran ini,” ujarnya.

Baca Juga:   Tahu Organ Tunggal Dilarang, Tapi Sepakat Ambil Risiko

Andi juga mengatakan, sekitar tiga tahun lalu ada perbaikan breakwater di pinggir Kapuran. “Dulu pernah ada perbaikan. Namun tidak lama, rusak lagi karena dihantam ombak besar,” bebernya. (ehl/rnn/ais)



  • Bagikan