Brigif 4 Marinir/BS Ajak Masyarakat Tanam Mangrove

  • Bagikan
Jajaran Brigif 4 Marinir/BS saat melakukan penanaman 3.000 pohon mangrove, Kamis (4/4). FOTO IST. FOR RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Brigade Infanteri (Brigif) 4 Marinir/BS bersama masyarakat Desa Ketapang melaksanakan kegiatan pembinaan potensi maritim (Binpotmar) dengan menanam 3.000 mangrove. Penanaman dilakukan di sekitaran wilayah Pesisir Pantai Mahitam, Desa Ketapang, Teluk Pandan, Pesawaran, Kamis (4/4).

Danbrigif 4 Marinir/BS Kolonel Mar Ahmad Fajar menjelaskan, penanaman mangrove ini merupakan program dari Spotmar Kormar agar bisa memelihara pantai dan melestarikan lingkungan. “Serta mengenalkan kepada masyarakat, juga anak-anak sekolah pentingnya mangrove untuk kelestarian lingkungan di sekitar pesisir pantai,” ujarnya.

Selain itu, di samping tugas pokok Korps Marinir menjaga kedaulatan NKRI juga bertugas membina dan membangun wilayah pesisir pantai NKRI. “Pentingnya penanaman mangrove ini selain untuk penghijauan yang nantinya juga berfungsi untuk melindungi pantai dari abrasi, juga untuk melindungi kita dari kemungkinan terjadinya tsunami,” jelasnya.

Namun, lanjutnya, yang lebih penting nantinya bahwa mangrove dapat memberikan kehidupan bagi masyarakat, yaitu dengan hidupnya biota laut yang ada di sekitar mangrove tersebut. “Mudah-mudahan dengan penanaman mangrove ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat sekitar, membawa manfaat bagi bangsa Indonesia,” ucapnya.

Diharapkan secara khusus nantinya dapat bermanfaat bagi pengembangan pariwisata di Pesawaran Lampung. “Kegiatan penanaman mangrove ini akan terus berlanjut dengan melihat tempat-tempat yang bisa kita tanami. Dengan harapan manfaat dari penanaman ini dapat kita rasakan hingga untuk anak cucu kita,” tandasnya. (ang/sur)



  • Bagikan