Bulan Imunisasi, di Lampung Ada 1.598.957 Anak Sasaran Imunisasi


RADARLAMPUNG.CO.ID – Provinsi Lampung masuk dalam Provinsi yang menggelar Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) pada tahap 1. Targetnya ada sebanyak 1.598.957 anak berusia 9 bulan sampai dibawah 12 tahun untuk menerima imunisasi.

Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia mengatakan, Provinsi Lampung akan menargetkan selama penyelenggaraan BIAN hingga Juni mendatang dapat terselesaikan sampai 95%. Tentunya Pemprov Lampung siap membantu mensukseskan kegiatan yang berpusat di kabupaten/kota tersebut.





“Kita memang memiliki target sebanyak 1,5 juta anak lebih yang berusia 9 bulan sampai 12 tahun. Karenanya kita harapkan dapat tercapai imunisasi ini sampai 95%,” beber Nunik -sapaan akrab Chusnunia- saat ditemui usai melakukan gelaran BIAN tahun 2022 di SDN 1 Rawa Laut, Bandarlampung.

Dia mengatakan untuk mempercepat proses tersebut, Pemprov Lampung siap memaksimalkan pendistribusian vaksin, hingga menurunkan tenaga kesehatan yang aktif sehingga pelaksanaan imunisasi bisa berjalan dengan baik dan sesuai rencana.

“Dorongan kita maksimalkan distribusi vaksin, tenaga kesehatan akan pro aktif menyasar ke anak-anak dan itu kerja bersama dengan Pemerintah kabupaten/kota yang melaksanakan. Untuk pelaksanaanya juga kami minta dengan berbagai cara, baik posyandu hingga door to door melalui sekolah atau kerumah-rumah,” tambahnya.

Di tambahkan Kadis Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, Dinas Kesehatan saat ini sudah menerima vaksin untuk imunisasi anak pada penyelenggaraan BIAN. Namun, dalam pemberian vaksin dari pusat memang dilakukan secara bertahap.

“Iya kalau vaksinnya alhamdulilah sudah di drop dari pusat, namun secara bertahap. Memang dalam menunjang pelaksanaan BIAN ini ada yang perlu di persiapkan, salah satunya sprite inject yang belum tercukupi, namun kita juga sudah mulai proses pengadaannya,” kata Reihana di tempat yang sama.

Terkait targetnya, Reihana mengatakan pada pelaksanaan BIAN ini seluruh imunisasi bisa dilakukan dan baik Polio, DPT, HB, HiB serta Vaksin MR atau Measles and Rubella. “Kita penuhi semua, namun yang kita kejar rubella ya,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan imunisasi ini menurut Reihana tidak ada syarat khusus. Hanya terkait umur saja. Namun, Reihana mengatakan anak yang telah mendapatkan vaksin akan mendapatkan perlindungan lebih.

“Jadi kan Vaksin untuk memberikan perlindungan kalau tidak vaksin perlindungan terhadap penyakit kurang di tubuh. Sehingga dengan di berikan imunisasi ini nantinya tubuh bisa terlindungi dari campak dan rubella,” tambahnya. (rma/yud)