Bupati Ingatkan BPD Tidak Lampaui Kewenangan

  • Bagikan
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menandatangani berita acara pengambilan sumpah dan janji pengurus dan anggota BPD di aula GSG kabupaten setempat, Senin (17/12). Foto Fahrorozy/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengingatkan Badan Permusawaratan Desa (BPD) tidak berlebihan dalam melaksanakan kewenangannya, namun harus berlandaskan norma dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Maka pemerintah desa dituntut untuk mampu menumbuhkembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan,” kata Dendi saat memberikan sambutan pengambilan sumpah dan janji pengurus dan anggota BPD se-Pesawaran di aula GSG, Senin (17/12)


Dijelaskannya, secara umum BPD mempunyai kewenangan di antaranya membahas Rancangan Peraturan Desa (Raperdes) bersama kepala desa, melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa, mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian kepala desa, membentuk panitia pemilihan kepala desa serta mengali, menampung, memghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

“Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa berdasarkan perwakilan wilayah. BPD bersama dengan kepala desa berfungsi menetapkan peraturan desa serta berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat,” tandas Dendi. (ozi/kyd)




  • Bagikan