Bupati Mesuji Serahkan Bantuan Paket ODF dan Pencegahan Stunting di Tirtalaga

  • Bagikan
Bupati Mesuji Saply TH saat menyerahkan bantuan paket ODF

Radarlampung.co.id – Dalam rangka peningkatan taraf kesehatan masyarakat, Bupati Mesuji Saply TH berkomitmen penuh dalam mendukung lingkungan yang sehat untuk mencegah stanting dan berbagai penyakit lainnya

Untuk mencapai itu, Pemerintah Mesuji melalui Bupati Saply TH menyerahkan bantuan paket Open Defecation Free (ODF) dan bantuan pencegahan stunting di Desa Tirtalaga, Kecamatan Mesuji, Kamis (3/12) lalu.


Dalam momen tersebut, turut mendampingi Sekretaris Daerah Kab. Mesuji Syamsudin, Kepala Dinas PMD Mesuji Sunardi, Camat Mesuji Iwan Rifai Harahap, dan Kepala Desa Tirtalaga Sikun.

Sekda kabupaten Mesuji, mendampingi Bupati saat menyerahkan bantuan

Bantuan yang diserahkan, berasal dari Dana Desa tahun 2020, antara lain paket ODF berupa sebuah closet, pipa paralon, sak semen, dan 3 lori pasir per keluarga bagi total 180 keluarga.

Baca Juga:   BKPSDM Mesuji Ingatkan Peserta Tes SKD Taati Prokes

Selain itu, bantuan makanan tambahan bagi 42 balita, dan bantuan alat pencegahan untuk kader posyandu berupa timbangan bayi, timbangan balita, pengukur lila, tensimeter digital, pengukur tinggi badan, dan argometri.

Bupati Mesuji, Saply mengatakan, kesehatan masyarakat, sangat berkaitan erat dengan perilaku dan lingkungan. Dengan membiasakan masyarakat berperilaku hidup bersih, merupakan upaya pencegahan penyakit dan dapat menurunkan kejadian penyakit berbasis lingkungan diantaranya penyakit diare, tifoid, cacingan, dan lain sebagainya.

Bupati Mesuji di dampingi sekda Syamsudin dan Camat Mesuji Iwan Rifai saat akan menyerahkan bantuan

Selain itu, penyakit tersebut juga dapat menyebabkan timbulnya kondisi stunting pada bayi dan balita. Anak yang menderita maupun berpotensi stunting, perlu mendapat penanganan serius sejak dini, jika tidak, anak akan mengalami penurunan tingkat kecerdasan, rentan terhadap penyakit, hal ini akan merembet pada menurunnya tingkat produktivitas.

Baca Juga:   Polres Mesuji Mulai Gelar Operasi Patuh, Ini Sasarannya

“Masyarakat Mesuji harus sehat, cerdas, dan kreatif sehingga bisa bersama-sama bersatu membangun Kabupaten Mesuji yang maju dan sejahtera,” pungkasnya. (muk/yud)




  • Bagikan