Bupati Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Rob


Bupati Tanggamus Dewi Handajani memberikan bantuan pangan kepada warga Kapuran yang terdampak banjir rob disela tinjauannya, Rabu siang (18/5). Banjir rob terjadi sejak Senin (16/5). FOTO RNN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bupati Tanggamus Dewi Handajani meninjau kampung nelayan di Dusun Kapuran, Kelurahan Pasar Madang, Kecamatan Kotagagung yang terdampak banjir rob, Rabu (18/5). Dalam kesempatan tersebut diserahkan bantuan bahan pokok berupa beras.

Dampak banjir rob di Kapuran menyebabkan delapan rumah rusak berat dan ratusan tergenang, berikut halaman SDN 3 Pasarmadang. Untuk kerugian masih dalam pendataan.





Dewi Handajani mengatakan, di Tanggamus ada sembilan titik yang terdampak banjir rob. Salah satunya di Kapuran, Kelurahan Pasarmadang.

“Banjir rob terparah di Kapuran. Ada empat rukun tetangga terdampak. Yaitu RT. 16, RT. 10 , RT.14 dan RT.9. Total ada 210 kepala keluarga (KK) yang terdampak,” kata Dewi Handajani.

Dilanjutkan, upaya yang sudah dilakukan Pemkab Tanggamus terhadap banjir rob yakni dengan mendirikan posko darurat bencana. Didalamnya terdapat petugas kesehatan yang stand by untuk memberikan pelayanan kepada warga.

“Upaya kami pasca bencana adalah mendirikan posko kedaruratan, posko kesehatan, memberikan bantuan pangan kepada warga terdampak dan melakukan pendataan,” urainya.

Dewi menuturkan, Pemkab Tanggamus juga sudah memprogramkan untuk relokasi bagi pemukiman warga yang sangat berisiko terkena hempasan gelombang air laut.

“Kami akan melakukan pendataan dan sosialisasi kepada warga yang bersedia untuk relokasi. Untuk lahan, pemerintah daerah yang mencarikan. Sementara untuk bangunan, kami akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR,” sebut Bunda Dewi—sapaan akrab Dewi Handajani.