Bupati Tanggamus Launching Gerakan Gemes  Lansia

  • Bagikan
Bupati Tanggamus Dewi Handajani me-launching program Gemes Lansia dari UPT Puskesmas Talangpadang. Kegiatan ini juga disaksikan wabup, sekda, kepala OPD, camat dan kepala puskesmas secara virtual. FOTO DISKOMINFO TANGGAMUS

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bupati Tanggamus Dewi Handajani me-launching Gerakan Memeriksa Lansia (Gemes Lansia) yang berlangsung secara virtual, Selasa (7/9).

Kegiatan ini diikuti Wakil Bupati AM. Syafi’i, Sekkab Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis, camat dan seluruh kepala UPT puskesmas. Sementara Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat beserta jajaran mengikuti launching dari UPT Puskesmas Talangpadang.


Dalam sambutannya, Bupati Dewi Handajani mengatakan, kelompok lanjut usia (lansia) merupakan golongan orang yang memerlukan perhatian khusus dari keluarga dan lingkungan.

Di Tanggamus sendiri, dari jumlah penduduk 610.089 orang, ada 64.325 orang atau 10,5 persen kelompok lansia.

“Pada era pandemi saat ini, lansia merupakan kelompok yang paling berisiko mengalami keparahan/morbiditas dan mortalitas akibat penyakit Covid-19. Hal ini dikarenakan pasien lansia (geriatric) umumnya memiliki berbagai komorbiditas, seperti penyakit kardiovaskular, penyakit kencing manis, penyakit pernapasan kronik, hipertensi dan lain-lain,” kata Dewi Handajani.

Baca Juga:   34 Peserta Tes SKD CASN Tanggamus Tidak Hadir, Satu Isoman

Dilanjutkan, program lansia menjadi salah satu indikator standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan dengan target 100 persen mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar sebagimana tertuang di dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 4 Tahun 2019.




  • Bagikan