Bupati Tanggamus Launching Laboratorium Mobile RT-PCR

  • Bagikan
Bupati Tanggamus Dewi Handajani mendengarkan penjelasan dari penanggung jawab laboratorium mobile RT PCR dr. M. Nur, Sp.PK, usai launching laboratorium mobile tersebut, Kamis (22/4). FOTO RNN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bupati Tanggamus Dewi Handajani me-launching mobile laboratorium real time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), Kamis (22/4). Fasilitas ini akan digunakan untuk memeriksa sampel suspect Covid-19.

Kegiatan di halaman Dinas Kesehatan Tanggamus ini dihadiri Kepala Kejari David P. Duarsa, Kepala Diskes Taufik Hidayat beserta jajaran, Kepala Diskominfo Sabaruddin, Direktur RS Panti Secanti Gisting dr. Welly Stefanus dan perwakilan RSUD Batin Mangunang Kotaagung.

Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat dalam laporannya mengatakan, perlu waktu yang cukup panjang agar mobile RT-PCR atau mobil Combat ini bisa dioperasikan.

Sebab ada sejumlah proses yang harus dilalui, seperti pengajuan proposal izin operasional ke Litbangkes Kementerian Kesehatan serta tahapan assessment.

Baca Juga:   Pengunjung Kampung Vietnam Dibubarkan Polisi, Begini Alasan Pengelola Versi Kapolsek

“Pengadaan mobil ini pada Agustus 2020. Bersumber dari dana insentif daerah (DID) yang diberikan pemerintah pusat. Kemudian kami ajukan prososal izin operasional ke Kemenkes melalui Diskes Provinsi Lampung, November 2020 disertai self assessment. Baru 29 Maret 2021 diberikan kode laboratorium mobile dan password,” kata Taufik.

Sementara Bupati Dewi Handajani bersyukur dengan telah keluarnya izin operasional laboratorium mobile RT-PCR. Ini diharapkan mempercepat diagnosa dan penanganan.

“Kalau dulu kita kirim sampel ke Labkesda di Bandarlampung. Bisa 5-10 hari, karena antrian yang cukup banyak. Dengan adanya laboratorium mobile RT-PCR ini, maka lebih cepat untuk mengetahui hasilnya. Satu sampel dua jam,” kata Dewi.





  • Bagikan