Bupati Tanggamus Sampaikan LKPj. APBD 2020

  • Bagikan
Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan LKPj. tahun anggaran 2020 dalam rapat paripurna yang digelar di gedung DPRD, Kamis sore (1/4). FOTO RIO ALDIPO/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bupati Dewi Handajani menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj.) tahun 2020 dalam rapat paripurna yang dilaksanakan di gedung DPRD Tanggamus, Kamis sore (1/4).

Dalam kesempatan tersebut Dewi Handajani mengatakan, LKPj. tahun 2020 pada prinsipnya merupakan akumulasi dari kinerja penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pembangunan daerah selama tahun 2020 yang penilaiannya secara menyeluruh dalam kurun waktu satu tahun.

Secara umum perkembangan tingkat perekonomian Tanggamus seperti juga yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia dan dunia.

Di mana, pandemi virus Corona dalam satu tahun terakhir menyebabkan perekonomian mengalami kontraksi seperti penurunan partisipasi angkatan kerja sebesar 13 persen, tingkat pengangguran terbuka 2,96 persen dan pertumbuhan ekonomi minus 1,77 persen.

Baca Juga:   Wabup Tekankan Pusat Perbelanjaan Patuhi Prokes

“Di sisi lain, beberapa variabel capaian menurut data BPS cukup stabil dan mengalami perbaikan dari tahun sebelumnya. Seperti indeks pembangunan manusia (IPM) meningkat, dari angka 66,37 menjadi 66,42. Lalu tingkat kemiskinan dari angka 12,05 persen menjadi 11,68 persen,” kata Dewi.

Kemudian untuk kondisi pekon banyak kemajuan di tahun 2020. Untuk pekon sangat tertinggal tahun 2019 masih terdapat empat dan tahun berikutnya tidak ada lagi.

“Selanjutnya dari 53 pekon tertinggal pada tahun 2019, tinggal 24 pekon. Untuk kondisi pekon maju meningkat menjadi 39 pekon,” ujarnya.





  • Bagikan