Bupati Tanggamus Terima 40 Sertifikat Perumahan Griya Abdi Negara

  • Bagikan
Bupati Tanggamus Dewi Handajani menerima sertifikat perumahan Griya Abdi Negara dari Kajari Tanggamus David P. Duarsa, Selasa (29/12). FOTO HANIBAL BATMAN/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus menerima 40 sertifikat rumah yang terletak di Perumahan Griya Abdi Negara, Kecamatan Kotaagung Timur.

Penyerahan dilakukan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanggamus David P. Duarsa dan diterima Bupati Dewi Handajani.

Turut mendampingi Wakil Bupati AM Syafi’i, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Sekretaris Kabupaten Hamid H. Lubis dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Suaidi.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada Kejari Tanggamus yang telah membantu proses sertifikat rumah di perumahan Griya Abdi Negara.

Di mana, sebelumnya ada persoalan dari aset milik pemkab tersebut. “Alhamdulillah. Dengan bantuan dari semua pihak serta Kejari Tanggamus, permasalahan ini dapat diselesaikan,” kata Dewi.

Baca Juga:   Potensi Kerumunan, Pemkab Tanggamus Batalkan Pasar Murah

Menurut dia, penyerahan sertifikat tersebut masih harus ditindaklanjuti sehingga secara legal benar-benar menjadi aset Pemkab Tanggamus.

“Upaya ini dilakukan untuk melindungi aset Pemkab Tanggamus, menertibkan secara administratif, serta perbaikan pengelolaan aset menjadi lebih baik,” tegasnya.

Sementara Kajari Tanggamus David P. Duarsa menerangkan, upaya untuk mengumpulkan 40 sertifikat tersebut dilakukan sejak sembilan bulan lalu.

Dalam prosesnya, Kejari Tanggamus sempat menemukan kesulitan. Seperti ada beberapa yang merasa bahwa rumah tersebut milik orang tuanya. Sementara aset tersebut merupakan hibah dari pemkab.

“Kita coba lakukan pendekatan secara persuasif. Alhamdulillah sampai Desember ini, kami bisa mengumpulkan 40 sertifikat. Telah kita serahkan kepada bupati dan untuk selanjutnya dilakukan balik nama atas nama Pemkab Tanggamus,” urai David.

Baca Juga:   Warga Airnaningan Ditangkap, Manfaatkan Hasil Pembalakan Liar di Register 32 untuk Menipu

Pada bagian lain Kepala BPKD Suaidi menambahkan, sesuai penyampaian bupati, perumahan Griya Abdi Negara nantinya akan ditempati oleh kepala OPD. Sebelumnya akan ditata terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya, segera memproses balik nama 40 sertifikat tersebut bekerja sama dengan Badan Pertanahan Negara (BPN). (ehl/iqb/ais)





  • Bagikan