Bupati Tanggapi Raperda Inisiatif Dewan

  • Bagikan
Paripurna pandangan umum fraksi terhadap nota penjelasan raperda usul kepala daerah dan tanggapan pemerintah atas raperda inisiatif, Selasa (9/2). FOTO TRI SUTRISNO/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – DPRD Pesisir Barat menggelar paripurna pandangan umum fraksi terhadap nota penjelasan raperda usul kepala daerah dan tanggapan pemerintah atas raperda inisiatif, Selasa (9/2).

Dalam paripurna tersebut, Bupati Agus Istiqlal menyampaikan pendapat terhadap dua raperda inisiatif DPRD. Yakni raperda tentang pengelolaan sampah dan penyelenggaraan kesehatan.


“Permasalahan sampah di Pesisir Barat belum merupakan persoalan yang mendesak. Akan tetapi dalam rangka upaya preventif agar tidak menjadi permasalahan di kemudian hari, perlu untuk segera diatur terkait pengelolaan sampah secara detil. Sehingga sampah dapat lebih mudah ditangani dan dikelola oleh unsur terkait,” kata Agus Istiqlal.

Sementara untuk pelayanan kesehatan, diharapkan raperda mencakup beberapa hal. Pertama memberikan payung hukum sekaligus kepastian yang jelas terhadap pelayanan kesehatan.

Baca Juga:   Bantuan untuk 14 UMKM di Pekon Kampung Jawa

“Kemudian meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang dilaksanakan berdasar prinsip nondiskriminatif, partisipatif, dan berkelanjutan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya, aturan itu menjadi pedoman penyelenggaraan kesehatan melalui pengawasan, pengendalian dan peran serta masyarakat dalam pengelolaan pelayanan di bidang kesehatan yang sesuai dengan kondisi masyarakat. (cyi/ais)

 




  • Bagikan