Bupati Tubaba Tambah Kuota Penerima Bantuan Mantra

  • Bagikan
Bupati Tubaba Umar Ahmad. Foto ist

RADARLAMPUNG.CO.ID-Program Maju dan Sejahtera (Mantra) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) terus dioptimalkan. Bahkan, tahun ini pemkab menambah kuota penerima bantuan tersebut. “Pada saat pendataan awal dahulu memang masih banyak masyarakat tidak mampu yang belum terakomodir dalam program ini, sehingga tahun ini pak Bupati Umar Ahmad mengupayakan untuk ditambah,” ungkap Somad, SP, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tubaba kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (12/4).

Somad menyebutkan, ada penambahan sebanyak 3.750 KPM dalam program Mantra. Sementara sebelumnya, sejak awal program tersebut diluncurkan pada tahun 2019  sampai tahun 2020 lalu, jumlah penerima program bantuan Mantra Tubaba 13.250 KPM. “Jadi, dengan adanya penambahan itu, jumlah penerima mulai tahun ini menjadi 17.000 KPM. Saat ini kita sudah mulai melakukan pendataan ke seluruh tiyuh bersama para petugas lapangan atau pendamping,”terangnya.

Menurutnya, proses pendataan dan verifikasi akan dilakukan dengan ketat, sehingga para penerima yang nantinya ditetapkan sebagai KPM benar-benar layak menerima bantuan tersebut sesuai dengan indikator dan kriteria yang ditetapkan.”Yang jelas, salah satunya KPM Mantra Tubaba tidak menerima bantuan seperti misalnya PKH (Program Keluarga Harapan) dari pemerintah pusat. Hal ini tentu adalah upaya pemerataan, sekaligus agar Mantra Tubaba tepat sasaran,” ulasnya.

Pihaknya pun menargetkan pendataan akan selesai pada Juli mendatang, dan penyaluran bantuan akan dilaksanakan di bulan September.”Untuk penyalurannya masih tetap sama melalui tiga bank, yakni BNI, BPRS Tani, dan Bank Lampung. Nilai bantuannya juga tetap Rp500 ribu. Yang jelas, saat ini masih tahap pendataan dan kita berharap program bantuan Mantra tahun ini dapat berjalan lancar, tepat sasaran, serta tepat guna,” tandasnya. (fei/rnn/wdi)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan