Bupati Tubaba Tebar 100 Ribu Benih Ikan Jelabat

  • Bagikan
Bupati Tubaba Umar Ahmad. Foto ist

RADARLAMPUNG.CO.ID-Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Provinsi Lampung, Hi.Umar Ahmad,S.P., melakukan penebaran 100 ribu benih Ikan di Sungai Way Kiri, kabupaten setempat.
Umar mengatakan, penebaran benih Ikan jelabat dan Baung yang masing-masing berjumlah 50 ribu ekor sebagai langkah memulihkan ekosistem perikanan yang kini sudah mulai sulit ditemukan.

Diakui Umar, sebenarnya sumber perikanan di wilayah Lampung khususnya Kabupaten Tubaba ini sangatlah besar lantaran sebelumnya Bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini terdapat banyak bawang (embung alami). “Namun faktanya saat ini embung-embung tersebut sudah mulai rusak oleh berbagai faktor, dan kehidupan perairan juga mulai menurun pada masa kini,”ungkap Umar (24/6), di lokasi dalam program restoking ikan ikonik di Perairan Umum Daratan (PUD) oleh Dinas kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung kepada Kelompok Pengawas Perikanan (Pokmaswas) Tahun Anggaran 2021 ini.

Penebaran benih ikan di lokasi ini langsung dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Ir.Liza Dermi, M.M. Analis Kelautan dan Perikanan Dwi Kurniawan selaku Perwakilan Kementerian, Kepala Dinas Perikanan Tubaba Abdul Sani, Camat Tuba Udik, Pokmaswas, dan tamu undangan lainnya.Menurutnya, penyebab semakin punahnya ikan-ikan di perairan Tubaba ini khususnya ikan endemik seperti Jelabat dan Baung, selain faktor alam pengaruh terbesar adalah manusia itu sendiri, dikarenakan banyaknya masyarakat yang ingin menangkap Ikan dalam jumlah besar tetapi dengan cara yang salah dan ilegal, seperti Putas, Nyetrum, dan lain-lain.

Baca Juga:   Dear Camat se-Tubaba, Siap-Siap Dapat Pelimpahan Wewenang Ini Dari Bupati

“Saya berharap, dengan adanya upaya Pemerintah melalui program Restocking ini masyarakat terutama tugas daripada para Pokmaswas ini untuk dapat sama-sama kita jaga kelestarian alam perairan kita, demi keberlangsungan kehidupan perikanan di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai hingga anak cucu kelak.”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, menyampaikan. Bahwa kegiatan Restocking ini adalah menebarkan kembali jenis-jenis ikan yang menurut sejarahnya mendiami suatu perairan tertentu yang karena suatu sebab terjadi penurunan populasi atau tidak ditemukan lagi.

“Dengan upaya ini, kita ingin melakukan pemulihan kembali terhadap Ikan-ikan endemik suatu daerah, agar kelestarian Ikan di perairan umum dapat terjaga. Oleh karenanya, tugas dari Dinas Perikanan setempat adalah bagaimana kedepannya upaya yang dilakukan hari ini agar bisa berkelanjutan serta ada kesinambungan.” Tuturnya.

Baca Juga:   Disdikbud Tubaba : Tidak Ada Upacara HUT RI di Sekolah

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Perikanan Tubaba Abdul Sani, mengungkapkan. Bahwa Restocking tersebut merupakan program Provinsi Lampung yang bekerjasama dengan Dinas Kabupaten serta Pokmaswas setempat.

“Benih-benih Ikan ini akan kita tebar di sepanjang perairan Way Kiri Kabupaten Tubaba, dan kedepannya kita akan berupaya agar jenis-jenis Ikan endemik yang ada di Tubaba bisa tetap tersedia dan terjaga kelestariannya. Untuk itu, diperlukan kerjasama kita semua, agar kehidupan perikanan dapat kembali mulai membaik seperti dahulu.” Imbuhnya. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan