Tuba  

Bupati Winarti Beri Rp335 Juta untuk Korban Kebakaran Pasar Unit 2


Bupati Tulangbawang Winarti menyerahkan bantuan kepada korban terdampak kebakaran Pasar Unit 2. Foto M. Zainal Arifin/Radarlampung.co.id 
Bupati Tulangbawang Winarti menyerahkan bantuan kepada korban terdampak kebakaran Pasar Unit 2. Foto M. Zainal Arifin/Radarlampung.co.id 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 14 korban kebakaran Pasar Unit 2 yang terjadi pada Kamis (5/5) lalu mendapat bantuan dari Bupati Tulangbawang Winarti.

Total orang nomor satu di Kabupaten Tulangbawang tersebut memberikan bantuan sebanyak Rp335 juta.





Bantuan tersebut untuk 14 korban terdampak yang kios atau tokonya dilalap si jago merah saat peristiwa terjadi.

Winarti saat menyerahkan bantuan di dekat lokasi kebakaran mengucapkan rasa prihatin serta bela sungkawanya atas peristiwa tersebut.

Tidak hanya itu, Winarti juga telah menginstruksikan instansi terkait untuk menyiapkan tempat penampungan sementara kepada para pedagang korban kebakaran.

“Saya berharap minggu ini dapat segera diproses, karena mereka sudah harus berjualan. Sembari kita akan mengkaji beberapa hal yang menyangkut regulasi pembangunan kembali,” kata Winarti, Jumat (13/5).

Baca Juga:   Niat Cari Kayu, Warga Tuba Tewas Diterkam Buaya

Mantan Ketua DPRD Tulangbawang tersebut tidak lupa berterimakasih kepada petugas damkar, TNI-Polri serta masyarakat yang telah kompak gotong royong memadamkan api saat peristiwa terjadi. Sehingga api tidak sempat merembet ke seluruh pasar.

14 orang yang mendapatkan bantuan di antaranya: Ririn Agustina Rp50 juta, Marina Rp25 juta, Riko Rp20 juta, Ica Rp25 juta, Putra Rp30 juta, Wahyu Rp30 juta, dan Untung Rp37.500 juta.

Kemudian Nazirman Rp12,5 juta, Nazircaniago Rp30 juta, Agus Junaidi Rp20 juta, Eka Rp15 juta, Mardana Rp5 juta, Neti Deswita Rp25 juta, dan Ariza Prasati Anjayani Rp10 juta.

Sementara itu, Ica (26) salah seorang korban kebakaran Pasar Unit 2 mengucapkan terimakasih sekaligus apresiasi kepada Bupati Winarti karena telah memberikan bantuan kepada para pedagang terdampak kebakaran.

Baca Juga:   Jabatan Satu Kapolsek dan Empat Kasat Polres Tuba Bergeser

Menurutnya, bantuan tersebut akan dijadikan modal untuk berjualan kembali pasca peristiwa kebakaran.

Diketahui, kebakaran menimpa pasar moderen Unit 2 pada Kamis (5/5) malam sekira pukul 20.00 WIB.

Api sendiri berhasil dipadamkan setelah petugas pemadam kebakaran bersama aparat TNI Polri dibantu warga dua jam berjibaku.

Dalam peristiwa ini, seluruh personel pemadam kebakaran Tulangbawang dikerahkan untuk memadamkan api.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran juga diterjunkan ke lokasi untuk memadamkan si jago merah.

“Seluruh personel kita kerahkan, sekitar 40 orang. Untuk mobil pemadam, tiga unit sudah di lokasi dan satu unit stanby jika ada kerusakan,” kata Plt. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Tulangbawang Dedi Palwadi, Kamis (5/5) malam.

Baca Juga:   Hilang Saat Jaring Ikan, Warga Tuba Ditemukan Meninggal Tenggelam

Pasar yang terletak di Kampung Tunggal Warga, Kecamatan Banjaragung tersebut merupakan pasar terbesar di Kabupaten Tulangbawang dan menjadi sentra perekonomian masyarakat.

Kasat Reskrim Polres Tulangbawang AKP Wido Dwi Arifiya Zein mengatakan, dari hasil olah TKP, dugaan penyebab kebakaran sendiri adalah timbulnya arus pendek yang menyebabkan adanya titik api di lokasi.

Meski dugaan sementara akibat adanya arus pendek listrik, namun Satreskrim Polres Tulangbawang tetap akan melakukan penyelidikan lebih lanjut.

“Jika saat penyelidikan lanjutan kami ditemukan dugaan tindak pidana, maka kami akan melakukan penyidikan lebih lanjut,” ungkapnya.

Kasat Reskrim melanjutkan, akibat kebakaran pasar terbesar di Kabupaten Tulangbawang tersebut sebanyak 10 ruko ludes di lalap si jago merah. (nal/sur)