Tuba  

Bupati Winarti Pastikan Pengobatan Korban Keracunan Massal Gratis


Bupati Winarti Pastikan Pengobatan Korban Keracunan Massal Gratis
Bupati Tulangbawang menjenguk warga yang diduga keracunan dan dirawat di RSUD Menggala, Sabtu (8/1). Ia memastikan pengobatan warga tersebut gratis. FOTO DISKOMINFO TULANGBAWANG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bupati Tulangbawang Winarti menjenguk puluhan warga yang diduga mengalami keracunan massal dan dirawat di RSUD Menggala.

Winarti yang didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekab) Anthoni memastikan bahwa pengobatan puluhan warga Kecamatan Banjarbaru tersebut gratis.





Menurut Winarti, berdasar data RSUD Menggala, sebanyak 57 warga Kampung Mekarjaya dan Mekar Indahjaya sempat mendapatkan perawatan.

Mereka yang diduga keracunan terdiri dari 11 anak-anak, 32 perempuan dan delapan laki-laki. Enam orang di antaranya sudah dinyatakan sehat dan kembali ke rumah.

Dalam kesempatan tersebut, Winarti menyampaikan rasa prihatin atas peristiwa yang dialami puluhan orang warganya. Ia juga menyempatkan diri berbincang dengan beberapa pasien saat menjenguk.

“Sekarang tim BPOM dan pihak rumah sakit masih melakukan penelitian terkait kandungan apa yang ada pada makanan. Mudah-mudahan peristiwa serupa tidak terjadi kembali,” kata Winarti, Sabtu (8/1).

Diketahui, puluhan warga Kampung Mekarjaya dan Mekar Indahjaya, Kecamatan Banjarbaru, Tulangbawang (Tuba) dilarikan ke rumah sakit.

Mereka mengeluh pusing, mual, diare dan panas dingin setelah mengonsumsi makanan saat menghadiri tahlilan di salah satu rumah warga Kampung Mekar Indahjaya, Kamis (6/1).

Kepala Dinas Kesehatan Tulangbawang Fatoni menjelaskan, puluhan warga tersebut rata-rata mengalami gejala yang sama. Sebagian besar perempuan.

Warga yang diduga mengalami keracunan ini dibawa ke RSUD Menggala dan Rumah Sakit Mutiara Bunda Unit 2. (nal/ais)