BWI, Baznas dan Kemenag Bandarlampung Launching Zakat City

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Wakaf Indonesia (BWI) Bandarlampung, bekerjasama kementerian Agama (Kemenag) Bandarlampung dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melaunching Zakat City, di Auditorium Yayasan Baitul Jannah lt.3, Senin (12/4).

Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana melalui Staf Ahli bidang Kemasyarakatan, Hi.Seraden Nihan berharap kegiatan launching Zakat City membuat Daerah Tangguh, Mandiri dan berdaya saing.

“Zakat City ini pada tahun 2015 pernah dibentuk. Tapi waktu itu Fokus 1 kecamatan yakni kecamatan Telukbetung Timur (TbT) selama 6 bulan,” ungkapnya.

Untuk tahun 2021, Zakat City tersebar di 20 kecamatan, dengan kegiatan diantaranya, bedah rumah, penyuluhan, santunan pelatihan dan lainya.

Seraden berpesan, dalam pelaksanaan Zakat City mengandung dua perspektif diantaranya, kota yang sudah sadar zakat atau pemanfaatan maupun penghimpunan zakat.

Baca Juga:   H+2 Lebaran, Terminal Rajabasa Masih Sepi

“Kita berharap masyarakat kota Bandarlampung dalam hal ini para Muzakki untuk lebih giat memberikan sebagian harta kepada masyarakat yang membutuhkan,”jelasnya.

Sementara, Dr.Hi.M.Aris Rayusman, Kepala Kemenag Kota Bandarlampung mengatakan, program terpadu kota zakat (zakat city), kiranya mendapat dukungan dari semua pihak dan bersinergi dalam aksi dakwah bersama dalam pengentasan kemiskinan, sehingga dapat diatasi secara bersama-sama.

“Ada berbagai program Zakat City Kota Bandarlampung, diantaranya, program pendidikan dan keagamaan, Program pemberdayaan ekonomo ummat, Program kecakapan hidup (life skill) dan Program kemanusian dan bhakti sosial,” bebernya.

Sementara, Ketua BWI Kota Bandarlampung, sekaligus Pembina Yayasan Baitul Jannah Ir.H.Sugirianto.MM mengatakan, ada beberapa program zakat city, diantaranya, penghimpunan zakat, berbagi sembako pondok pesantren dan pemberian santunan anak yatim, pelatihan, bedah rumah, dan lainnya.

Baca Juga:   Langgar Larangan Pemerintah, Satgas Bubarkan Wisata Kolam Renang Satu Ini

“Saat ini kita hidup di penghujung zaman. Mari kita saling gotong royong membantu masyarakat yang membutuhkan sebagian harta kita. Buat apa menumpuk harta. Saat ini kita harus memikirkan bagaimana harta kita ini sebagai ladang ibadah untuk bekal akhirat kita nantinya,”ucap Abi Giri-Sapaan Akrab dari Sugirianto.

Penyelenggara Zakat Wakaf sekaligus Ketua Tim Zakat City tahun 2021, Sulaiman Bardan menyampaikan, Zakat City sebagai Rol model sebagai Kota Tingkat kesadaran para muzakki, khususnya di Kota Bandarlampung.

“Mulai 17 April ini, ada sekitar¬†7 unit rumah yang akan dibedah. Dananya bersumber dari rumah dari Baznas, Kemenag dan 1 Unit dari BWI kota Bandarlampung,”tutupnya. (gie/yud)





  • Bagikan