Cakupan Kepesertaan JKN-KIS Kota Metro Tertinggi dari Lima Kabupaten Ini

  • Bagikan
Wahyudi Putra Pujianto Kepala BPJS Cabang Metro saat memberi penjelasan, Jumat (24/9). Sumber Foto: BPJS Cabang Metro
Wahyudi Putra Pujianto Kepala BPJS Cabang Metro saat memberi penjelasan, Jumat (24/9). Sumber Foto: BPJS Cabang Metro

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebagai perpanjangan tangan untuk mensosialisasikan program JKN-KIS kepada masyarakat, BPJS Kesehatan Cabang Metro menggelar diskusi bersama awak media, pada Jumat (24/9).

Kepala BPJS Cabang Metro Wahyudi Putra Pujianto mengatakan, peran media saat ini sangat penting untuk membantu menginformasikan kepada seluruh masyarakat terkait dengan penyelenggaraan Program JKN-KIS.


Ia menilai bahwa media memiliki pengaruh yang besar terhadap penyebaran informasi di kalangan masyarakat.

Sementara dalam menghadapi pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan terus berinovasi dalam pengembangan layanan. Seperti mobile JKN dengan berbagai fitur terbarunya dan BPJS Kesehatan Care Center 165 sebagai upaya pelayanan kepada peserta JKN-KIS dan masyarakat tetap berjalan prima.

Tidak sampai di situ, BPJS Kesehatan juga menyediakan layanan aplikasi chatting dengan program Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA).

“PANDAWA ini merupakan salah satu layanan alternatif yang dapat memudahkan bagi peserta JKN-KIS, apalagi saat ini hampir semua kalangan mempunyai media sosial WhatsApp (WA). Jadi layanan PANDAWA yang tanpa tatap muka ini kami harapkan dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19,” ungkapnya, Jumat (24/9).

Semua layanan itu, lanjutnya, bisa diakses masyarakat melalui nomor WA di 081273429955. Sehingga prosesnya cukup dan mudah.

“Kita hanya mengirimkan teks seperti biasa di nomor WA tersebut. Tunggu sampai petugas kami memberikan balasan dan terjadi percakapan serta arahan selanjutnya dari petugas kami,” terangnya.

Layanan ini, kata Wahyudi, hanya akan diproses dan dibalas saat jam kerja. Mulai dari pukul delapan pagi sampai jam tiga sore.

Pihaknya membawahi enam kabupaten/kota, yaitu Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji. Mencatat cakupan persentasi kepesertaan terbanyak ada di Kota Metro.

Hingga September jumlah warga Kota Metro yang masuk dalam kepesertaan JKN KIS baru mencapai 83,25 persen. Dengan total masyarakat Kota Metro yang telah masuk dan menjadi peserta JKN-KIS sebanyak 143.967 dari 172.934 jumlah penduduk.

“Jumlah ini terdiri dari peserta JKN-KIS PBI dan non PBI. Untuk capaian peserta BPJS Kesehatan, Metro ini tertinggi dibandingkan lima kabupaten lainnya di bawah BPJS Kesehatan Cabang Metro. Di antaranya Lampung Tengah mencapai 58,49 persen, Lampung Timur 66,64 persen, Tulangbawang 62,25 persen, Tulangbawang Barat 58,82 persen dan Mesuji 73,52 persen,” paparnya. (pip/rls/sur)




  • Bagikan