Calon Lolos Tes Kesehatan, Ini Parameter IDI-KPU

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Hasil tes kesehatan pasangan bakal calon gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati akan diumumkan Rabu (17/1). Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Lampung punya parameter tersendiri terkait hasil tes. Yakni hanya bersifat mampu atau tidaknya sang calon dalam memimpin ke depan. Pengumuman juga langsung diserahkan ke calon lantaran terkait dengan hal pribadi kesehatan paslon.

Ketua IDI Lampung, Asep Sukohar mengatakan, hal tersebut sudah ada panduan yang dikeluarkan. Yakni memenuhi syarat atau tidaknya. Dibalik itu juga, ada surat edaran kemampuan calon Kepala Daerah dalam melakukan tugas kepala daerah prediksi selama empat tahun ke depan (satu periode) kepemimpinan.

“Pengumuman tes kesehatan yang jelas sudah diprediksi empat tahun kedepan bahwa Paslon mampu memimpin Lampung,” ujarnya di sela penyerahan berkas hasil tes kesehatan dari RSUDAM ke KPU Lampung, Selasa (16/1).

Baca Juga:   Ini Langkah Antisipasi Polisi jika Pemudik Lewat Jalur Alternatif

Sementara, anggota IDI lainnya, Boy Zaghlul Zaini mengatakan, jika ke depan ada paslon yang terkena musibah sakit misalnya, hal itu bukan karena pada tahapan tes kesehatan yang salah. Karena menurutnya, orang sakit atau meninggal karena penyakit tertentu bisa kapan saja terjadi.

“Misalnya saat pengumumannya sudah dinyatakan layak, namun ke depan ada kondisi yang sakit bisa saja. Yang jelas hari ini paslon dinyatakan mampu dan masalah besok itu sudah urusan nanti,” tegasnya.

Terpisah, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Nanang Trenggono mengatakan, keputusan mampu atau tidak mampunya menjadi kepala daerah sudah secara final.

“Tim pemeriksa terdiri dari 18 orang dokter. Yang hanya disampaikan hanya calon dan wakil calon mampu untuk menjadi gubernur dan wakil gubernur. Di luar itu kami tidak ada datanya. Untuk menjaga kerahasiaannya percaya saja, Insya Allah terjamin kerahasiaannya. Kita juga sudah sepakat kepada tim kesehatan untuk menjaga berkas ini sampai yang sudah ditentukan,” pungkasnya. (adm/gus)

Baca Juga:   Geger, Mayat dengan Kartu Identitas Hongkong Ditemukan dalam Sumur




  • Bagikan



Kasus Covid-19 Kembali Merangkak Naik Viral Polisi Terlantar di Merak, Brigadir Agus Dijemput Pulang Polda Lampung Diduga Bunuh Diri, Pemuda Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta