Calon Tembus Seribu, Berikut Jadwal Pemilihan Anggota BPT Se-Tubaba

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Pemilihan Badan Permusyawaratan Tiyuh (BPT) Periode 2019-2025 se-Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) akan berlangsung serentak pada Oktober 2019 mendatang.

Berdasarkan data dari Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Tubaba, ada 91 Tiyuh yang akan menggelar pemilihan.

Kasubbag Bina Pemerintahan Tiyuh, Yanto menyebut bahwa ada seribuan calon BPT yang telah ditetapkan Panitia Pengisian Anggota BPT di masing–masing tiyuh, meliputi calon dari keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan.

Sebelum ditetapkan, sambungnya, seluruh calon anggota BPT sudah mengikuti tahapan yang telah diatur dalam Perbub Nomor 9 tahun 2019 tentang Pedoman BPT, mulai dari pendaftaran, verifikasi berkas, sampai dengan ditetapkannya menjadi calon anggota BPT.

“Sekarang sudah sampai pada tahapan pemilihan. Untuk jadwal pelaksanaannya seluruh Tiyuh mengacu pada Surat Keputusan Bupati (SK) Bupati Nomor : B/135/I.01/HK/TUBABA/2019 tentang Penetapan Jadwal dan Tahapan Pengisian Anggota BPT Kabupaten Tubaba Periode 2019-2025,” tetangnya mendampingi Kabag Tapem Setdakab Tubaba, Somad, Senin (30/9).

Berdasarkan SK tersebut, kata Yanto, pemilihan BPT untuk keterwakilan perempuan akan dilaksanakan serentak pada tanggal 2 Oktober 2019.

Sedangkan untuk keterwakilan wilayah tergantung dengan kesiapan Tiyuh masing-masing dengan jadwal batas waktu yang sudah tetapkan, yakni  7-20 Oktober 2019. “Informasi dari seluruh Tiyuh menyatakan sudah siap, tinggal pelaksanaannya,” tandasnya.

Terkait pemilihan anggota BPT tersebut, Pemkab Tubaba menurutnya akan terjun langsung memantau pelaksanaannya di masing-masing tiyuh guna memastikan pelaksanaannya berjalan tertib dan lancar.

“Pemkab sudah membentuk tim monitoring dan tim ini nantinya akan berkoordinasi dengan kecamatan. Kita berharap semua berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama,” pungkasnya. (fei/rnn/kyd)



  • Bagikan