Catat, Bagi Pegawai Berpotensi Terima BSU Siapkan Rekening Bank Himbara

  • Bagikan
ILUSTRASI/SUMBER FOTO INFOKALTENG.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID-Bantuan Subsidi Upah (BSU) yang diwacanakan bagi pekerja terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki upah dibawah Rp3,5 juta terus bergulir di daerah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan 4. Pada pekerja yang memiliki syarat tersebut diharapkan menyiapkan rekening bank himbara (himpunan bank milik negara).

Pasalnya, bantuan berupa subsidi upah Rp1 juta tersebut bakal di kirimkan ke rekening pekerja langsung. Karena itu diharapkan pekerja melaporkan nomor rekening bank himbara.


“Di Lampung memang yang sudah terdata ada 70 ribu pekerja. Tapi belum terdeteksi rekeningnya apa, namun kami himbau untuk memiliki rekening bank himbara. Karena di Permenakernya itu untuk memudahkan penyaluran sehingga diminta menggunakan bank himbara,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, Agus Nompitu, Rabu (4/8).

Baca Juga:   Anak Kehilangan Orang Tua Selama Covid-19 Capai 1335 orang

Namun jika rekening pekerja yang dilaporkan ke BPJS ketenagakerjaan sebelumnya sudah bank himbara, maka tidak perlu melapor. Sementara bagi yang belum, diharapkan membuka rekening bank himbara dan bisa melaporkan nomor rekening nya ke Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung atau BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara Bank himbara sendiri diantaranya Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BTN. “Sesudah membuka rekening bisa melaporkan ke BPJS Ketenagakerjaan dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung nanti akan kami bantu meneruskan informasi,” lanjutnya.

Agus menambahkan, jika nomor rekening pekerja diluar bank himbara ditakutkan Pemerintah akan kesulitan dalam menyalurkan bantuan ini. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2021, tentang perubahan Permenaker Nomor 14 tahun 2020 tentang pedoman pemberian bantuan pemerintah berupa subsisi gaji atau upah bagi pekerja atau butruh dalam penanganan dampak Covid-19.

Baca Juga:   Baseball Melaju ke Semifinal, Softball Tekuk Banten

“Ya kalau tidak bank himbara nanti kesulitan penyaluran, karena penyaluran dana langsung sehingga akan lebih mudah jika punya bank himbara, ini juha ada di Permenaker,” jelas Agus.

Karena itulah, saat ini Disnaker Provinsi Lampung dan BPJS Ketenagakerjaan telah mendata ada 70 ribu pekerja yang bekerja di wilayah PPKM level 3 dan 4 di Provinsi Lampung. Namun, penerima belum diketahui siapa saja, tapi jika dia aktif di BPJS Ketenagakerjaan, dan bergaji dibawah Rp3,5 juta ada potensi untuk dapat bantuan untuk di wilayah yang masuk PPKM level 3 dan 4. “Maka diharapkan mempersiapkan untuk melaporkan rekening bank himbara,” tandasnya. (rma/wdi)




  • Bagikan