Catat! Disabilitas Dapat Jadi Anggota PPS

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Komisi Pemiliha  Umum (KPU) Kota Metro mulai buka  rekrutmen anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Metro tahun 2020.

Rekrutmen tersebut dibuka mulai dari 15 Februari sampai 24 Februari, dengan cara mengantarkan berkas sesuai ketentuan ke alamat KPU Kota Metro di jalan  Letjend Alamsyah Ratu Perwira Negara atau pun ke email rekrutmenppsmetro2020@gmail.com.

Diungkapkan Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama, rekrutmen PPS ini berlangsung selama sembilan hari, sehingga bagi masyarakat yang ingin bergabung dapat memasukan lamaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Adapun syarat menjadi anggota PPS menurut Septa, yaitu warga negara Indonesia, berusai paling rendah 17 tahun, setia kepada pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan Proklamasi. Lalu mempunyau integritas, tidak menjadi anggota partai politik paling singkat lima tahun.

Kemudian berdomisili di wilayah kerja PPS, mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika, minimal pendidikan sekolah menengah atas atau sederajadnya,  tidak pernah dipidana penjara, tidak pernah diberhentikan oleh penyelenggara pemilu.

Lalu tidak berada dalam ikatan perkawinan sesama penyelenggara pemilu dan belum pernah menjabat sebanyak dua kali dalam jabatan yang sama sebagai PPS,”Yang memenuhi syarat dapat segera melamar,”ujarnya, Minggu (16/2).

Kemudian untuk tahapan pembentukan PPS, menurut Septa ada 10  tahapan, mulai dari pengumuman pendaftaran, penerimaan pendaftaran, penelitian administrasi, pengumuman hasil administrasi.

“Lalu seleksi tertulis, pengumuman hasil seleksi tertulis, seleksi wawancara, pengumuman hasil seleksi wawancara, pengumuman hasil seleksi calon anggota PPS dan pelantikan. Yang mana tahapan ini akan berlangsung sampai 14 Maret,” tatarnya.

Dimana anggota PPS tingkat kelurahan nantinya berjumlah tiga orang, yang terdiri dari satu orang ketua merangkap anggota  dan dua lainnya anggota,”Pada perekrutan ini KPU memperhatikan paling rendah 30 persen keterwakilan perempuan,” ujarnya.

Sepra pun menambahkan, penyandang disabilitas pun dapat mendaftar dan menjadi anggota PPS sepanjang memenuhi persyaratan,”Ya bisa, selagi memenuhi syarat dan mampu dalam melaksanakan tugas sebagai anggota PPS,” terangnya. (pip/ang)




  • Bagikan